Selasa, 15 Oktober 2019
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Selasa, 18 Juni 2019 | 18:45 WIB

Hitekno.com - Seorang penyanyi asal Malaysia, Zarith Sofia Yasin belum lama ini harus terjerat kasus hukum usai dirinya diketahui memelihara beruang madu di apartemennya. Penyanyi 27 tahun ini tidak mengetahui jika hewan yang ia sangka anjing ini ternyata adalah seekor beruang madu.

Zarith Sofia Yasin yang terkenal dan sering tampil di beberapa reality show Malaysia ini mengaku sama sekali tidak mengetahui jika hewan yang ia pelihara ini ternyata adalah seekor beruang madu.

Pertemuan dirinya dan beruang madu tersebut terjadi malam hari di salah satu jalanan. Saat bertemu dengannya, si beruang madu ini dalam keadaan terluka. Dirinya lalu mengira jika beruang madu yang masih kecil ini adalah seekor anjing.

Tidak berlangsung lama, Zarith Sofia Yasin lalu sadar bahwa seekor anjing yang ia selamatkan ini ternyata adalah beruang madu.

Dilansir dari India Today, dirinya tetap memilih untuk membawa pulang dan merawat beruang madu tersebut dan memberikan nama Bruno pada hewan kecil ini.

Lebih lanjut, dirinya mengaku khawatir jika harus membawa Bruno ke kebun binatang. Pasalnya, hewan-hewan di kebun binatang yang ia temui terlihat sangat kurus.

Dirinya lalu berjanji untuk mengembalikan beruang madu tersebut ke kebun binatang saat hewan ini sudah pulih.

Sayangnya, usaha Zarith Sofia Yasin menyelamatkan dan merawat beruang madu tersebut terbongkar usai sebuah video saat seekor beruang madu keluar melalui jendela apartemen viral di media sosial.

Setelah diperiksa, Zarith Sofia Yasin lalu terancam denda maksimum 200.000 ringgit Malaysia atau setara Rp 688 juta serta hukuman penjara 10 tahun karena memiliki dan memelihara spesies hewan yang dilindungi tanpa izin.

Permintaan maaf Zarith Sofia Yasin. (instagram/oohhpiaa)

Bruno si beruang madu yang ditemukan Zarith Sofia Yasin ini merupakan spesies asli hutan tropis Asia Tenggara dan masuk dalam daftar merah Uni Internasional untuk Konservasi Alam sebagai satwa rentan.

Melalui unggahan Instagram pribadi miliknya, Zarith Sofia Yasin meminta maaf dan mengirimkan doa untuk beruang madu yang sudah menjadi temannya ini.

Hingga artikel ini dibuat, kasus pemeliharaan beruang madu yang dikira anjing ini masih dalam penyelidikan pihak berwajib.