Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Sabtu, 22 Juni 2019 | 20:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Christina Koch belum lama ini melalui akun Twitter pribadi miliknya mengunggah potret penampakan siang dan malam Bumi dari ISS atau Stasiun Internasional Luar Angkasa. Hasilnya tentu sangat mengagumkan.

Dalam unggahan akun Twitter miliknya @Astro_Christina, Christina Koch mengunggah potret Bumi yang diselimuti gelapnya malam dan terangnya siang yang terjadi dalam waktu yang bersamaan.

Dari unggahannya tersebut, terlihat salah satu sisi Bumi tengah dirajai oleh kegelapan, sedangkan sisi lainnya disinari cahaya.

Momen ini disebut sangat jarang terjadi. Pasalnya ISS sangat jarang mengorbit pada titik transisi siang dan malam.

Untuk beberapa astronot, fenomena ini cukup menakutkan sehingga disebut sebagai twilight zone.

Christina Koch (paling kiri) kandidat wanita dengan misi terpanjang di NASA. (Instagram/ astro_christina)

Melalui cuitannya, Christina Koch menjelaskan bahwa IS hanya beberapa kali dalam setahun melakukan orbit untuk sejajar dengan garis bayangan siang dan malam Bumi.

Lebih lanjut, Christina Koch mengaku dibuat terpukau dengan penampakan menakjubkan tersebut. Dirinya juga menyebut bahwa tidak semua astronot dapat menemukan fenomena tersebut.

Christina Koch juga menjelaskan bahwa fenomena ini adalah hal yang paling ia sukai. Menurutnya, memandang Bumi dari luar angkasa adalah pengalaman yang mampu membuatnya menjadi lebih rendah hati dan menginspirasinya.

Penampakan siang dan malam dari luar angkasa. (twitter/Astro_Christina)

''Kami astronot umunya melayang atau berada di bawah sinar matahari, tidak pernah melewati bayangan Bumi dari matahari, dan kami harus berada di Bumi yang waktunya adalah fajar atau senja..'' tulisnya.

Christina Koch nantinya akan menghabiskan waktu selama satu tahun di luar angkasa bersama sesama astronot seperti Nick Hague dan Alexey Ovchinin.

Bagaimana dengan hasil foto penampakan siang dan malam Bumi dari ISS karya Christina Koch ini? Cukup membuatmu takjub belum?

BACA SELANJUTNYA

Merinding, Ini 11 Kejadian Seram yang Dialami Astronot di Luar Angkasa