Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 17 Juli 2019 | 09:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tepat 50 tahun yang lalu pada hari selasa, tiga astronot Amerika berangkat dari Florida ke Bulan dalam sebuah misi Apollo 11 yang akan mengubah cara kita melihat tempat umat manusia di alam semesta.

Anggota kru yang ikut dalam misi tersebut dan masih hidup, Buzz Aldrin dan Michael Collins dijadwalkan akan bertemu kembali di launchpad yang sama pada hari Selasa, awal dari serangkaian acara selama seminggu untuk memperingati Apollo 11.

Sayangnya, keduanya akan bertemu tanpa komandan yang memimpin misi tersebut sekaligus orang pertama yang menginjakkan kaki di Bulan, Neil Armstrong, pasalnya ia sudah meninggal pada tahun 2012 lalu.

Dilansir dari laman NASA, baik Aldrin dan Collins, dijadwalkan akan bertemu di pad 39A Space Center Kennedy untuk memulai perayaan 50 tahun ini.

Astronaut Edwin E. Aldrin Jr (di sebelah kiri) dan Astronaut Neil A. Armstrong, komandan Apollo 11 (NASA)

Perlu diketahui, pesawat luar angkasa mereka membutuhkan waktu empat hari untuk mencapai Bulan pada 20 Juli 1969.

Kini mereka akan melakukan peringatan setengah abad atas pencapaian bersejarah mereka.

Tak dapat disangkal, Aldrin menjadi orang kedua yang menginjakkan kaki di Bulan, hanya empat dari 12 pria yang melakukannya dan masih hidup hingga kini.

Selain malam refleksi bersama Buzz Aldrin dan Michael Collins, rangkaian acaranya juga mengunjungi Museum Dirgantara dan Luar Angkasa yang memperlihatkan baju astronot Neil Armstrong pada misinya Apollo 11.

Foto ini dari Edwin Aldrin yang berjalan di permukaan bulan. Neil Armstrong, yang mengambil foto itu. (NASA)

Perayaan hari jadi misi Apollo 11 ke 50 tahun ini akan berlangsung hingga sepekan ke depan dan NASA juga mengajak netizen untuk turut merayakan misi ini di media sosial, melalui Instagram, Snapchat hingga Twitter.

Dengan menggunakan hashtag #Apollo50th, netizen dapat meningkatkan percakapan di Twitter, ditambahkan lagi pihak Twitter mengaktifkan emoji khusus ketika pengguna mencuitkan dengan hashtag tersebut.

Masih di rangkaian perayaan 50 tahun misi Apollo ke 50 tahun, pengguna Google juga dapat menjelajahi konten Apollo NASA di pameran virtual di situs Seni dan Budaya mereka.

Tak hanya itu, Pusat Kontrol Misi Apollo 11 juga dipulihkan dalam rangka perayaan ulang tahun emas pendaratan pertama di Bulan. Pengunjung NASA dapat mengalami pengalaman ruang kontrol yang dipulihkan untuk tur reguler yang disediakan oleh Space Center Houston.

BACA SELANJUTNYA

Berapa Jarak Bumi ke Matahari dan Bagaimana Cara Mengukurnya?