Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 21 Juli 2019 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pesawat nirawak atau drone dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri). Rekor Muri apa yang dipecahkan drone Lapan ini?

Drone Lapan ini memecahkan rekor Muri untuk jarak tempur pesawat tanpa awak (UAV).

Pesawat Tanpa Awak LSU-02 NGLD (Lapan Surveillance Uav-02 New Generation Low Drag) merebut penghargaan setelah berhasil terbang terjauh 405 kilometer, demikian diwartakan Suara.com.

"Ke depannya pesawat ini akan diaplikasikan untuk berbagai misi, selain untuk foto udara, pemantauan, mitigasi bencana, juga untuk memperkuat pengembangan sistem pemantauan maritim berbasis pesawat tanpa awak," kata Kepala Bidang Diseminasi Pusat Teknologi Penerbangan Lapan Agus Bayu Utama.

Pesawat tanpa awak LSU-02 NGLD mulai terbang dari Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara Cikelet, Pameungpeuk, Garut, pada pukul 11.38 WIB.

Pesawat LSU-02 NGLD terbang ke arah barat menuju Pantai Citepus, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, dan berhasil mendarat kembali pada pukul 15.40 WIB di titik awal terbang.

Dengan kecepatan rata-rata terbang 100 kilometer per jam dan dengan ketinggian lebih kurang 200 meter di atas permukaan laut, drone Lapan tersebut mampu terbang sejauh 405 kilometer untuk perjalanan pergi pulang.

Drone Lapan yang pecahkan rekor Muri. (Lapan)

Pesawat tanpa awak LSU-02 NGLD merupakan pengembangan dari varian pesawat LSU-02, dan memiliki panjang sayap 3,3 meter, panjang badan 1,5 meter dan berat maksimum pesawat hingga 20 kilogram.

Misi penerbangan pesawat tanpa awak kali ini selain untuk memecahkan rekor Muri untuk Terbang Jarak Terjauh 405 Kilometer.

Misi ini juga dimaksudkan untuk menguji performa drone Lapan dengan desain terbaru serta untuk mengetahui tingkat efisiensi aerodinamikanya.

Penyerahan sertifikat rekor diserahkan secara langsung oleh Manager Muri, Andre Purwandono kepada pihak Lapan yang diwakili oleh Kepala Bidang Diseminasi Pusat Teknologi Penerbangan Agus Bayu Utama.

Drone Lapan yang pecahkan rekor Muri. (Lapan)

Sebelumnya pada 2 Juni 2013 pesawat tanpa awak milik Lapan telah mencatatkan rekor Muri untuk terbang jarak terjauh 200 kilometer dengan perjalanan pulang pergi dari Pameungpeuk ke Pangandaran.

Kemudian pada 29 November 2015 pesawat tanpa awak milik Lapan kembali memecahkan rekor jarak terbang setelah menjelajah sejauh 340 kilometer dengan rute terbang dari Pameungpeuk - Cilacap dalam perjalanan pulang pergi.

LSU-02 NGLD dikembangkan tim insinyur Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN sejak 2018 lalu. 

Itulah drone Lapan yang terbang jauh hingga memecahkan rekor Muri. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Resmi Dipasarkan, Cek Harga DJI Mavic 3 Pro di Indonesia