Jum'at, 29 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Selasa, 30 Juli 2019 | 16:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ilmuwan baru-baru ini menemukan sebuah kota kuno Heracleion yang menjadi lokasi pelantikan Cleopatra. Sudah lama menghilang, kota ini rupanya ada di dasar laut Mediterania, Mesir.

Bersamaan dengan penemuan kota ini, para ilmuwan juga menemukan potongan kapal berisi perhiasan emas, koin, dan reruntuhan kuil.

Dilansir dari Live Science, Heracleion merupakan kota kuno yang sudah pernah ditemukan di tahun 2000 lalu. Namun, baru sekarang ini secara resmi menjadi artefak kuno.

Heracleion ini terinspirasi dari pahlawan Yunani, Herkules dan dibangun pada abad ke-8 SM dan berada di tepi Sungai Nil, sebelah laut Mediterania.

Kota kuno ini dipercaya merupakan lokasi pelantikan Cleopatra menjadi ratu. Sayangnya, 1.500 tahun lalu kota ini banjir dan sekarang tenggelam 45 meter di bawah permukaan air.

Sesaat setelah ditemukan, para ilmuwan lalu melakukan penggalian hingga kemudian menemukan sisa-sisa kuil besar dan kolom batu hingga puing-puing kuil kecil di Yunani. Berada di bawah laut, kota Heracleion ini rupanya sudah terkubur di bawah sedimen sedalam 3 kaki di dasar laut.

Penemuan besar ini membuat ilmuwan dari Eropa dan Mesir bersatu di bawah pimpinan Franck Goddio. Melihat lokasinya, ilmuwan menggunakan alat pemindaian yang mentransmisikan gambar artefak yang berada di dasar laut dan terkubur ini.

Lokasi pelantikan Cleopatra. (Christoph Gerigk/Hilti Foundation/Egypt Ministry of Antiquities)

Alat pemindaian ini yang lalu menemukan puing kapal yang ditotal berjumlah 75 kapal. Setidaknya, pada zaman tersebut, kapal-kapal ini digunakan untuk tujuan seremonial.

Di dalam kapal tersebut terdapat harta berupa koin perunggu dan emas yang diduga berasal dari Heracleion pada zaman Raja Ptolemeus II yang memerintah dari 283 hingga 246 SM.

Tidak hanya menemukan Heracleion, tidak jauh dari situs tersebut, para ilmuwan juga menemukan Canopus yang terletak di Teluk Abu Qir, Alexandria. Penelitian lalu dilakukan dan ilmuwan menemukan jejak rangkaian kota kuno.

Hingga saat ini, penelitian terkait kota kuno Heracleion yang menjadi lokasi pelantikan Cleopatra memang masih dilakukan. Para ilmuwan berharap menemukan banyak hal lainnya terkait penemuan ini.

BACA SELANJUTNYA

Apakah Gempa Bisa Diprediksi? Ini Kata Ilmuwan Soal Potensi Gempa di Indonesia