Kamis, 07 Juli 2022
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Selasa, 12 November 2019 | 08:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah video yang viral di China belum lama ini menghebohkan banyak orang. Direkam oleh seorang turis, nampak dalam video tersebut seekor ikan dengan wajah diduga mirip manusia.

Berdasarkan video berdurasi 30 detik yang diambil di China ini, bentuk hidung, mata, hingga mulut ikan ini memang begitu mirip dengan manusia.

Video ikan ini direkam oleh seorang turis saat berkunjung ke Kota Kunming, Yunnan. Dipercaya bahwa ikan ini hidup di danau Desa Miao yang terdapat di daerah Kunming tersebut.

Membuat heboh, banyak yang berspekulasi mengenai kemunculan ikan dengan wajah diduga mirip manusia ini.

Jika kamu berpikir bahwa ikan ini merupakan legenda yang dikutuk sehingga mirip manusia, maka kamu salah. Menurut para ahli, ikan jenis ini merupakan penghuni perairan di barat daya China.

Ikan dengan wajah diduga mirip manusia. (twitter/semestasains)

Dilansir dari Mirror.co.uk, ikan ini memiliki nama ilmiah Cyprinus Carpio. Secara warna dan bentuk tubuh, ikan satu ini diketahui memiliki wujud yang beragam.

Diduga kuat, tekstur di bagian kepala hewan ini membuat banyak yang mengira bahwa ikan ini memiliki wajah yang mirip manusia.

Mengenai video viral dan rumor yang menyebutkan bahwa ikan ini memiliki wajah mirip manusia, para ilmuwan mencoba melihat fenomena ini secara ilmiah.

Ikan dengan wajah diduga mirip manusia. (twitter/semestasains)

Kecenderungan manusia yang sering mengaitkan sesuatu dengan hewan atau benda mati menjadi penyebab rumor ini menyebar. Kecenderungan ini biasanya disebut sebagai antropomorfisme.

Pendapat lain disampaikan unggahan @semestasains di Twitter, menurut akun ini, prediksi lain menyebutkan bahwa ikan ini merupakan Ghost Koi Carp Fish.

Sayangnya, masih belum ada kepastian mengenai jenis ikan apa ini. Namun, sempat membuat heboh, video ikan dengan wajah diduga mirip manusia ini cukup mencuri perhatian pengguna media sosial.

BACA SELANJUTNYA

Viral Kandidat Capres Indonesia 2024 Masuk Koran Jepang, Bahas 3 Nama Ini