Rabu, 17 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 14 November 2019 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebagai manusia, kita tidak terlepas dari sifat sombong atau bahkan sifat negatif yang bisa merusak alam. Sebuah video yang dibagikan ini memberikan sindiran menohok bahwa manusia hanya seperti bakteri di atas Bumi.

Sebuah akun fanspage Twitter pecinta sains bernama @ZonePhysics membagikan video berdurasi 15 detik dengan isi cukup menohok.

Akun tersebut membagikan video dengan caption bertuliskan "Kumpulan bakteri..Hanya Bercanda. Ini adalah kita (manusia) saat ada di pantai. Mungkin kita adalah bakteri pada Bumi".

Video dengan sindiran menohok tersebut berhasil viral di Twitter setelah mendapatkan lebih dari 9 ribu Retweet dan 30 ribu Like.

Kita bisa mendapatkan dua pelajaran positif dari video yang diambil dari atas langit tersebut.

Ilustrasi manusia yang mirip bakteri jika dilihat dari ketinggian. (Twitter/ faysahum)

Pelajaran pertama adalah kita jangan sombong karena ukuran manusia sangat kecil di alam dan bahkan ukuran kita dari langit seperti pergerakan bakteri jika dilihat dari mikroskop.

Video juga menampakkan pesan tersirat yang bisa dijadikan pelajaran kedua yaitu jika kita memang "bakteri" setidaknya kita bisa menjadi bakteri baik dan tidak merusak Bumi.

Sebagai referensi, bakteri adalah organisme berukuran super kecil yang tidak memiliki membran inti sel.

Biasanya, bakteri berukuran 0,5-5 μm sehingga mata telanjang manusia tidak dapat melihat organisme tersebut.

Meme sindiran yang mengatakan bahwa manusia seperti bakteri jahat di Bumi. (Twitter/ MichelleStockal)

Menurut jurnal Prokaryotes: the unseen majority, jumlah bakteri di Bumi berjumlah sekitar 5 kali 10^30 yang tersebar di tanah, air, mata air panas, limbah radioaktif hingga biosfer di dalam kerak Bumi.

Jika kita mengenal bakteri sebagai organisme jahat dan menimbulkan penyakit, namun sebenarnya lebih banyak lagi bakteri baik yang dapat membantu keberlangsungan kehidupan di Bumi.

Hampir semua hewan dan manusia di Bumi bergantung pada bakteri untuk bertahan hidup karena hanya bakteri dan beberapa arkea memiliki gen dan enzim yang diperlukan untuk mensintesis vitamin B12 (dikenal dengan cobalamin).

Vitamin B12 adalah vitamin yang larut dalam air yang terlibat dalam metabolisme setiap sel tubuh manusia.

Sindiran di dalam video tersebut kemungkinan benar dan setidaknya kita bisa menjadi bakteri baik di atas Bumi dan bukan bakteri jahat yang menimbulkan penyakit kepada alam sekitar kita.

Video yang memberikan sindiran bahwa manusia seperti "bakteri" ini mendapatkan beragam komentar dari netizen.

"Mungkin aku setuju bahwa manusia adalah bakteri, tapi oknum politisi dan korporasi jahat harus digambarkan seperti virus," kata

BACA SELANJUTNYA

Link Nonton Bumi Manusia, Iqbaal Ramadhan Jadi Siswa Sekolah Elit di Era Kolonial