Kamis, 13 Agustus 2020
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 18 Februari 2020 | 09:15 WIB

Hitekno.com - Robot anjing yang diperuntukkan untuk kebutuhan industri justru diubah oleh orang ini menjadi alat penarik becak. Desainer dan juga fabrikator asal Amerika Serikat bernama Adam Savage berhasil mengeluarkan potensi terpendam dari robot anjing.

Sebagai referensi, robot anjing bernama Spot telah tersedia secara komersial untuk keperluan industri.

Robot Spot mempunyai bentuk menyerupai anjing dan bisa berjalan secara otomatis menggunakan empat kakinya.

Robot Spot merupakan produk unggulan dari perusahaan produsen robot, Boston Dynamics.

Mantan pembawa acara serial TV Discovery Channel "Mythbusters", Adam Savage, justru membuat robot anjing sebagai alat untuk "bersenang-senang".

Robot anjing dapat membawa seorang manusia di atas becak. (YouTube/ Adam Savage's Tested)

Pada September 2019, Boston Dynamics sudah meluncurkan Spot secara komersial ke publik.

Robot ini sebenarnya lebih diperuntukkan khusus dunia industri. Perusahaan tak mengungkapkan harga resminya karena robot didesain berdasarkan kustomisasi pesanan.

Namun perusahaan membocorkan bahwa satu robot anjing Spot yang paling murah harganya setara dengan sebuah mobil keluarga.

Deretan kemampuan dari robot anjing buatan Boston Dynamics bernama Spot. (Boston Dynamics)

Produsen minyak Aker BP kabarnya sudah memborong robot anjing untuk ditempatkan pada rig pengeboran minyak untuk tugas khusus.

Sementara Massachusetts Police di Amerika Serikat juga sedang bereksperimen dengan beberapa robot Spot yang rencananya akan menunjang misi kepolisian.

Tak terlalu serius, Adam Savage justru mengubah Spot menjadi alat untuk menyenangkan dirinya sendiri.

Dikutip dari Futurism, Savage dengan 2 teknisi lainnya menyambungkan punggung dari Spot kepada kayu yang berfungsi untuk menarik becak.

Menggunakan bantuan remote control, robot anjing ini bisa menarik becak dengan satu manusia di atasnya. Masih belum jelas tujuan dari eksperimen tersebut, tapi sepertinya Spot bisa ditugaskan di tempat wisata untuk menarik turis.

Spot bukanlah "anjing" sembarangan karena ia memiliki kelebihan khusus termasuk sensor kamera pada kepalanya, sertifikasi IP54 yang membuatnya tahan air dan debu, serta bisa berjalan dengan kecepatan 1,6 meter per detik.

Robot Spot bisa dioperasikan pada suhu ekstrem kisaran -20 hingga 45 derajat Celcius.

Melihat kemampuan robot anjing Spot yang luar biasa dan dibuat khusus untuk sektor industri, sepertinya disayangkan apabila kini Spot menjadi "anjing penarik becak".