Senin, 13 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 03 Mei 2020 | 13:30 WIB

Hitekno.com - Dinosaurus dikenal sebagai hewan purba yang telah punah jutaan tahun lalu, lantas banyak yang beranggapan dinosaurus sebagai hewan tertua di dunia

Tapi siapa sangka, usia lima hewan berikut ini lebih tua dari dinosaurus, bahkan sudah ada sebelum Tyranosaurus Rex dan kawan-kawan berkeliaran di muka Bumi.

Dickinsonia

Dickinsonia hidup pada masa Ediacaran, periode tepat sebelum Cambrian. Dikutip dari Earthly Universe, fosil hewan pra-sejarah ini berusia hingga 600 juta tahun yang wujudnya menyerupai ubur-ubur yang panjangnya berkisar dari beberapa milimeter sampai satu meter.

Dickinsonia. [Wikimedia]

Haikouichthys adalah ikan primitif tanpa rahang yang tumbuh seukuran 1 inci atau 2,5 cm dan ditemukan antara 520-535 juta tahun lalu. Tidak seperti hewan sebelum dinosaurus lainnya, rupa haikouichthys terlihat seperti ikan zaman modern seperti sekarang ini.

Haikouichthys. [Wikimedia]

428 juta tahun yang lalu, menjelang akhir periode Silurian, seekor kaki seribu kecil dengan Pneumodesmus Newmani diketahui menjadi hewan pertama yang bisa menghirup udara dan hidup di darat.

Pneumodesmus Newmani. [Wikimedia]

Jaekelopterusm

Pada periode Devonian, sekitar 390 juta tahun lalu, hiduplah hewan zaman prasejarah bernama Jaekelopterusm. Bentuknya seperti kalajengking laut, namun dengan ukuran sangat besar.

Konon, hewan yang sudah ada sebelum dinosaurus ini bisa tumbuh sepanjang 2,5 meter dan menjadikannya arthropoda terbesar yang pernah ada.

Jaekelopterusm. [Wikimedia]

Astraspis

Astraspis adalah hewan dari genus ikan tanpa rahang primitif yang telah punah yang hidup pada periode Ordovisium Tengah.

Astraspis. [Wikimedia]

Astraspis memiliki panjang sekitar 200 milimeter. Mereka memiliki ekor yang ditutupi dengan pelat pelindung kecil yang ukurannya kurang dari 1 mm dan kepala yang ditutupi dengan perisai yang lebih besar sekitar 2 mm. Oleh karena itu, hewan prasejarah ini juga dikenal sebagai ikan perisai.(Suara.com/Tivan Rahmat)