Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 22 November 2020 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Planet Mars disebut-sebut bisa untuk tempat tinggal manusia selain Bumi. Elon Musk jadi salah satu tokoh yang mendorong manusia untuk hidup di Planet Merah tersebut.

CEO SpaceX ini telah memiliki rencana bagi manusia untuk hidup di Mars yang ditarget pada 2050 mendatang.

Rencana ini pun menimbulkan banyak pertanyaan. Salah satunya tentang bagaimana semua orang itu akan bertahan hidup.

Melalui akun Twitter resmi miliknya, Elon Musk membeberkan rencana fantastisnya dalam membawa manusia untuk hidup di Planet Mars.

"Kehidupan dalam kubah kaca pada awalnya. Akhirnya, terraform untuk mendukung kehidupan, seperti Bumi," cuitnya dilansir laman The Sun, Minggu (22/11/2020).

Elon Musk. (YouTube/ Neuralink)

Salah satu rencana Elon Musk adalah Terraforming. Di mana berarti, menciptakan lingkungan yang tepat di luar kubah sehingga tanaman dapat tumbuh seperti di Bumi dan akan tersedia pasokan oksigen.

Ketika diberi tahu bahwa terraforming tidak mungkin bekerja dengan teknologi saat ini, Musk mendapat tanggapan lain.

"Terraforming akan terlalu lambat untuk menjadi relevan dalam hidup kita. Namun, kita dapat membangun basis manusia di sana dalam hidup kita. Setidaknya peradaban antariksa di masa depan - menemukan reruntuhan kita - akan membuat manusia terkesan sejauh itu," jelasnya.

Musk sebelumnya mengakui bahwa mencapai Mars dengan roket SpaceX adalah bagian yang mudah, tetapi menciptakan kota di sana akan sulit.

Sejumlah penelitian telah menyimpulkan bahwa pembentukan terraforming di seluruh planet Mars dan mengubah atmosfernya, mungkin tidak dapat dilakukan jika semua lapisan es mencair untuk melepaskan CO2.

Cuitan Elon Musk soal rencananya membangun kota di Mars. [Twitter]

Elon Musk menginginkan roket Starship untuk melakukan perjalanan ke Mars pada awal 2021.

"Jika kita tidak meningkatkan kecepatan kemajuan kita, saya pasti akan mati sebelum kita pergi ke Mars," ujar Elon Musk dalam konferensi Satellite 2020 awal tahun ini.

Jika ambisinya pada 2050 menjadi kenyataan, Musk akan berusia 79 tahun ketika satu juta manusia tinggal di kubah yang diusulkannya di Mars.

Itulah rencana Elon Musk dalam membawa manusia untuk bisa hidup di Mars nantinya. (Suara.com/ Dythia Novianty).

BACA SELANJUTNYA

Pengguna Premium Makin Dimanjakan, Akun Twitter Blue Kini Bisa Upload Video Berdurasi 2 Jam