Senin, 29 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 08 April 2021 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apa itu listrik statis, sudahkah kamu mengetahuinya. Tentunya, listrik sendiri sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari dan memiliki banyak jenisnya.

Salah satunya adalah listrik statis yang ternyata bisa ditemukan di sekitaran kita dalam keseharian. Lalu Apa itu listrik statis sendiri?

Listrik statis merupakan hasil penumpukan muatan listrik yang terjadi ketika dua benda bukan logam saling bergesekan.

Fenomena listrik ini sering terjadi di mana partikel bermuatan berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Sebagai contoh, saat menyisir rambut, tanpa terasa rambut akan terangkat mengikuti arah sisiran. 

Lalu seperti apa contoh listrik statis dalam kehidupan sehari-hari? Dan bagaimana cara mencegah timbulnya listrik statis? Berikut uraian selengkapnya.

  1. Terbentuknya Petir saat Hujan
    Ketika mendung dan akan hujan, kumpulan awan membentuk awan besar yang mengandung air. Sehingga terjadi pergesekan antara awan satu dengan lainnya. Akibat dari pergesekan ini, elektron bergerak bebas membentuk gesekan muatan listrik dari awan ke dataran bumi untuk dinetralkan. Sehingga terjadilah petir.
  2. Penggaris Plastik Digosok pada Kain Wol
    Kedua benda tersebut awalnya bermuatan netral. Namun saat digesekkan, akan terjadi perpindahan elektron dari kain wol ke penggaris plastik. Sehingga penggaris memiliki muatan negatif dan kain wol memiliki muatan positif.
  3. Percikan api pada ban truk di jalan raya
    Gesekan antara ban truk atau mobil dengan jalan raya bisa menghasilkan muatan listrik negatif. Sedangkan pada bagian badan logam truk atau mobil yang dekat dengan ban, terjadi induksi dan menjadikan bermuatan positif. 

Kondisi ini bisa berakibat munculnya percikan api dan berbahaya. Karena dapat membakar muatan kendaraan yang mudah terbakar, seperti bensin.

Ilustrasi stop kontak listrik (Pixabay)

Cara Mencegah Listrik Statis

Cara untuk mencegah listrik statis dengan melembapkan semua permukaan benda. Muatan listrik lebih sering muncul di musim dingin atau iklim kering. Kondisi tersebut memungkinkan elektron terbentuk dengan mudah di permukaan kulit. 

Elektron negatif dihentikan oleh udara lembap, sehingga tidak merasakan elektron muatan listrik. Ada beberapa cara untuk menjaga kelembapan lingkungan sekitar:

  • Gunakan humidifier di rumah untuk menambah kelembapan udara
  • Tanaman mampu memberikan kelembapan ekstra di rumah
  • Melembapkan kulit dengan produk perawatan kulit yang mengandung pelembap.

Demikian penjelasan apa itu listrik statis yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari hingga cara pencegahannya. Semoga bermanfaat, ya! (Suara.com/ Rifan Aditya).

BACA SELANJUTNYA

Apa Saja Contoh Pembangkit Listrik yang Ramah Lingkungan?