Rabu, 24 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 06 Juni 2021 | 20:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seorang pemancing dan juga nelayan lokal di Pantai Farnborough, Yeppoon, Queensland, Australia tak menyangka jika dirinya bakal menyaksikan seekor buaya berukuran sangat besar. Awalnya, pria bernama David Devine mengira bahwa dirinya hanya melihat sebuah batang kayu jumbo.

Tak disangka, setelah memerhatikan lebih detail serta merasa "aneh", Devine justru menjumpai seekor buaya.

"Aku baru saja menyelesaikan pekerjaan ketika melihat sebuah kayu. Aku pikir itu aneh. Kemudian aku melihat lebih dekat dan benar-benar melihat itu adalah buaya. Melihat buaya di alam liar sudah biasa, tapi ini pertama kali aku melihatnya di sini," kata David Devine kepada 7News, Kamis (03/06/2021).

Laki-laki itu memperkirakan bahwa panjang buaya tersebut mencapai empat meter. Menurut penuturannya, hewan jumbo tersebut telah hanyut di sepanjang garis pantai selama lima menit.

Dikutip dari ABC.net, ini mengingatkan kita bahwa Queensland memang dihuni oleh banyak buaya. Departemen Lingkungan Queensland memperkirakan bahwa buaya yang terlihat di Pantai Farnborough, Australia mempunyai panjang sekitar 3,5 hingga 4 meter.

Buaya jumbo yang berada pada salah satu pantai di Australia, awalnya dikira sebatang kayu. (Facebook/ DaveDevine)

"Ini adalah ukuran terbesar yang pernah kami lihat di sepanjang garis pantai. Tetapi ukuran panjangnya sangat tak biasa untuk seekor buaya," kata manajer operasi satwa liar, Frank Mills.

Departemen Lingkungan Queensland turut memperkirakan bahwa buaya itu melakukan perjalanan menuju Sungai Fitzroy dan akan melewati Yeppoon, melalui Emu Park, selama "beberapa hari" ke depan.

Buaya jumbo yang berada pada salah satu pantai di Australia, awalnya dikira sebatang kayu. (Facebook/ DaveDevine)

"Ini adalah buaya yang sangat besar dan berpotensi berbahaya. Kami mendesak semua orang di pantai untuk mengawasi dan jika mereka melihat buaya untuk melaporkannya, tetapi yang terpenting jangan mendekati atau berinteraksi dengannya," tutur Frank Mills menambahkan.

Departemen Lingkungan Queensland di Australia menyayangkan bahwa David justru mengunggah di Facebook dan tak langsung melaporkannya ke pihak yang berwenang.

Ilustrasi buaya berukuran besar. (Pixabay/ pen_ash)

Kode QR berukuran besar telah dipasang di sekitar Sungai Fitzroy bulan lalu. Itu memungkinkan penduduk setempat untuk memindai serta melaporkan penampakan buaya melalui aplikasi QWildlife. Lembaga berwenang setempat saat ini sedang melacak keberadaan buaya dan meminta orang-orang di sekitar pantai untuk menjaga jarak dengan hewan tersebut.

BACA SELANJUTNYA

Banyak Menjangkit Hewan Kurban, Apa Itu Lumpy Skin Disease?