Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 24 Februari 2022 | 13:36 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ditemukan bintang jenis baru aneh dan memiliki misteri yang belum terpecahkan. Menurut astronom, bintang ini disebabkan oleh peristiwa langka, sehingga membuatnya belum bisa dijelaskan oleh sains.

Karenanya, penemuan bintang jenis baru yang penuh misteri ini membuat penasaran banyak astronom dan peneliti.

Disebutkan kalau fenomena kosmik ini tercakup dalam produk sampingan dari gas helium, yang terbakar di luar angkasa dan kemungkinan bintang jenis baru ini merupakan hasil dari penggabungan bintang.

Bintang normal umumnya memiliki permukaan yang terbuat dari hidrogen dan helium, tetapi bintang jenis baru ini memiliki permukaan yang dilapisi karbon dan oksigen.

Bintang baru tersebut juga memiliki suhu dan jari-jari yang menunjukkan bahwa itu masih membakar helium di intinya.

"Kami percaya bintang-bintang yang baru ditemukan ini terbentuk dalam jenis peristiwa penggabungan bintang yang sangat langka antara dua bintang katai putih," kata Miller Bertolami, penulis utama studi dari Institute for Astrophysics of La Plata, seperti dikutip dari Independent, Kamis (24/2/2022).

Katai putih adalah sisa-sisa bintang yang kehabisan bahan bakar nuklirnya. Ketika katai ini berada dalam sistem biner dekat, bintang katai dapat bergabung karena gelombang gravitasi.

Ilustrasi Katai Putih. [Wikiimages/Pixabay]

"Biasanya, penggabungan katai putih tidak mengarah pada pembentukan bintang yang kaya akan karbon dan oksigen," tambah Bertolami.

Namun, para ahli percaya bahwa katai putih yang kaya karbon dan oksigen mengalami gangguan dan berakhir di atas katai yang kaya helium, sehingga mengarah pada pembentukan bintang baru ini.

Bintang jenis baru tersebut ditemukan oleh Klaus Werner dan astronom Jerman lainnya di Universitas Tübingen.

Sayangnya, tidak ada model evolusi bintang saat ini yang dapat sepenuhnya menjelaskan tentang bintang yang baru ditemukan.

Untuk sekarang, para ahli membutuhkan lebih banyak model untuk menilai apakah penggabungan antar bintang benar-benar dapat terjadi.

Itulah penemuan bintang jenis baru yang masih diselimuti misteri, terlebih belum bisa dijelaskan secara sains oleh astronom. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Apa Saja Buah-buahan yang Bagus Dikonsumsi ketika Sahur Menurut Sains? Ini 5 Contohnya