Rabu, 17 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 25 April 2022 | 18:18 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Laporan terbaru menyebutkan kalau jaringan Starlink di Ukraina mendapatkan gangguan dari Rusia. Kabar ini diungkap Elon Musk melalui cuitannya, dan dikonfirmasi oleh Pentagon.

Elon Musk menyampaikan kalau SpaceX telah berhasil mempertahankan layanan internet broadband Starlink dari serangan peretasan dan gangguan yang dilakukan Rusia.

Elon Musk sebelumnya mencuitkan pada 26 Maret dan mengatakan bahwa semua upaya Rusia dalam mengganggu jaringan Starlink tersebut telah digagalkan.

"Starlink, setidaknya sejauh ini, telah menggagalkan semua upaya peretasan dan gangguan," cuit Elon Musk.

Di sisi lain, Dave Tremper, direktur electronic warfare untuk Kantor Menteri Pertahanan, mengatakan ia terkesan dengan betapa cepatnya serangan-serangan itu ditangkis.

Cuitan Elon Musk soal Starlink. [Twitter]

"Starlink telah memasang sebaris kode dan telah memperbaikinya. Tiba-tiba serangan itu tidak bekerja lagi. Bagaimana mereka melakukan itu cukup menarik bagi saya. Kami harus bisa memiliki kelincahan seperti itu," kata Temper selama konferensi virtual pertahanan dan militer C4ISRNet, dikutip dari CNET, Senin (25/4/2022).

Tremper menyebut Starlink sebagai "studi kasus yang menarik" dan mengatakan militer dapat belajar dari bagaimana tim SpaceX dengan cepat mengatasi masalah tersebut.

Setelah Rusia menginvasi Ukraina pada akhir Februari, Wakil Perdana Menteri Ukraina Mykhailo Fedorov meminta bantuan Musk, yang ditanggapi dengan pengiriman layanan Starlink ke negara tersebut.

Itulah tanggapan militer AS soal keberhasilan SpaceX mempertahankan jaringan Starlink di Ukraina dari gangguan Rusia. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Satya Nadella dan Elon Musk Beda Pendapat, Siapa Pegang Kendali OpenAI