Kamis, 18 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 20 Juni 2022 | 14:54 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Robot penjelajah milik NASAPerseverance di luar dugaan menemukan potongan sampah tak terduga di Mars. Bagaimana sampai ada sampai tersebut di Planet Merah ini?

Penemuan sampah tak terduga di Mars ini dibagikan NASA melalui akun Twitter resmi milik Perseverance.

Nampak dalam foto yang dibagikan, terlihat sesuatu yang terlihat seperti kertas timah yang tersangkut di antara bebatuan.

Rupanya, Perseverance menemukan teknologi buatan manusia yang terjatuh tahun lalu.

Tak hanya itu, helikopter Mars Ingenuity juga melihat puing-puing roda pendarat yang mengantarkannya dan Perseverance ke Mars.

Robot Perseverance. (NASA)

Tetapi, tampaknya sampah itu menyebar lebih jauh di area Mars.

"Tim saya telah melihat sesuatu yang tidak terduga. Ini adalah bagian dari selimut termal yang kemungkinan berasal dari tahap penurunan, jet bertenaga roket yang mengirim saya di hari pendaratan pada 2021," tulis akun Perseverance pada 15 Juni, dikutip dari IFL Science, Senin (20/6/2022).

Sampah yang ditemukan Perseverance tersebut berupa lapisan foil dari selimut termal tersebut merupakan bahan yang digunakan para ilmuwan NASA untuk mengontrol suhu.

Penemuan Perseverance di Mars. [Twitter]

Tidak diketahui secara pasti, bagaimana potongan sampah teknologi itu bisa sampai di wilayah tersebut yang berjarak sekitar 2 kilometer dari tempat tahap pendaratan awal.

Beberapa kemungkinannya seperti lapisan foil tersebut memang terjatuh di wilayah itu atau tertiup angin.

Itulah penemuan sampah tak terduga di Mars oleh Perseverance. Apa lagi yang ditemukan NASA di Planet Merah tersebut? (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

UAE Siap Mengembangkan Pesawat Luar Angkasa untuk Menjelajahi Sabuk Asteroid Mars