Senin, 29 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 18 Juli 2022 | 16:23 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ditemukan potret diri Vincent van Gogh yang tersembunyi di balik lukisan. Hal ini ditemukan oleh konsenvator di GaleriNasional Skotlandia.

Protret diri Vincent van Gogh tersebut selama ini tersimpan di balik sebuah lukisan berjudul "Head of a Peasant Woman" yang diselesaikan pelukis Belanda itu pada 1885.

Temuan itu berhasil dideteksi setelah konservator melakukan rontgen pada lukisan karya Van Gogh.

Potret diri yang tersembunyi tersebut dalam keadaan blur atau kabur karena lapisan lem dan karton yang ditempelkan di bagian belakang kanvas.

"Ini benar-benar mendebarkan. Ketika kami melakukan pemindaian, kami melihat timah putih, pigmen yang jauh lebih berat yang digunakan Van Gogh untuk wajahnya yang muncul setelah sinar-X menembus karton," kata Lesley Stevenson, konservator lukisan museum, seperti dikutip dari Live Science pada Senin (18/7/2022).

Van Gogh melukis "Head of a Peasant Woman" sebagai bagian dari serangkaian karya yang berfokus pada penduduk kelas pekerja Nuenen, sebuah komunitas pertanian kecil di bagian selatan Belanda di mana ia tinggal pada 1880-an.

Perempuan dalam lukisan itu adalah Gordina de Groot, seorang pekerja pertanian yang memakai topi baja putih dengan sebagian wajahnya dikaburkan oleh bayangan.

Konservator Senior Lesley Stevenson memperlihatkan lukisan karya Vincent van Gogh "Head of a Peasant Woman" di samping gambar sinar-X dari potret diri Van Gogh yang tersembunyi. (Credit picture: Neil Hanna, Live Science)

Dalam sebuah surat yang ditulis Van Gogh tentang serial ini pada 1885 kepada Anton Kerssemakers, seorang teman dan sesama seniman, Van Gogh menggambarkan ketertarikannya pada subjek kelas pekerja.

Van Gogh juga gemar membuat potret diri, di mana ia menghasilkan sekitar 20 lukisan dirinya menjelang akhir hayatnya saat ia tinggal di Paris.

Sejarawan seni di Galeri Nasional berharap potret diri Van Gogh yang tersembunyi itu dapat memberikan wawasan tentang kehidupan Van Gogh.

Museum saat ini sedang mencari cara terbaik untuk menghilangkan lapisan yang tak diinginkan tanpa merusak lukisan.

Lukisan dan gambar potret diri tersebut akan dipajang pada akhir musim panas ini sebagai bagian dari pameran A Taste for Impressionism di museum yang akan berlangsung dari 30 Juli 2022 hingga 13 November 2022.

Itulah penemuan potret diri Vincent Van Gogh dalam sebuah lukisan yang menjadi misteri.  (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Lukisan dari Cowok Ini Bikin Cewek Salfok, Netizen: Mumun Mau Ngaji