Senin, 29 April 2024
Amelia Prisilia : Sabtu, 08 Oktober 2022 | 19:43 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Penggalian di Peru berhasil menemukan kerangka 76 anak dengan kondisi hati yang menghilang. Arkeolog percaya bahwa hal ini hanya permulaan dari lebih banyak penemuan lain nantinya.

Saat ditemukan, kerangka anak-anak ini berada dalam kondisi yang membuat bergidik ngeri. Pasalnya, bagian jantung kerangka tersebut menghilang. Penelitian ini dipimpin oleh asisten profesor antropologi Universitas Florida.

Melansir dari Live Science, para peneliti menemukan potongan bersih yang melintang di tulang dada anak-anak ini. Kemungkinan, bagian tulang rusuk ini dibuka untuk kemudian diambil bagian jantungnya.

Anak-anak ini dikubur dalam posisi memanjang dengan kaki yang mengarah ke timur dengan gundukan buatan. Gundukan ini membuat para peneliti menduga bahwa anak-anak tersebut adalah korban ritual mengerikan di masanya.

76 kerangka anak-anak ini adalah jumlah yang cukup besar jika ditambahkan dengan ratusan korban lainnya yang sebelumnya ditemukan di Pampa La Cruz ini. Melihat catatan sejarah, dipercaya bahwa akan ada lebih banyak kerangka anak-anak korban ritual yang akan ditemukan di lokasi tersebut.

76 kerangka anak-anak korban ritual mengerikan. (Huanchaco Archaeological Program via Live Science)

Para peneliti dibuat bertanya-tanya mengenai alasan pengorbanan anak-anak begitu sering terjadi di masa lalu. Peter Eeckhout sebagai seorang profesor seni dan arkeologi pra-Columbus di Universite Libre de Bruxelles di Belgia menyebut bahwa tidak ada catatan tertulis mengenai hal tersebut.

Namun, diduga pengorbanan anak-anak dalam ritual mengerikan ini terkait dengan perubahan iklim dan lingkungan yang biasanya mengganggu pertanian di masa itu. Perlu ada penelitian lebih lanjut untuk mengungkap rahasia-rahasia di masa lalu.

BACA SELANJUTNYA

Penemuan 35 Kerangka Tanpa Kepala di Kuburan Massal Berusia 7.000 Tahun, Jadi Tempat Pengorbanan Manusia?