Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 11 Oktober 2022 | 17:10 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB mengungkap kalau kini DKI Jakarta bisa dilanda banjir meski tidak ada kiriman air dari Bogor.

Menurut BNPB, hujan lokal yang terjadi di DKI Jakarta cukup untuk memicu banjir di wilayah ibu kota. Atau dengan kata lain, banjir di Jakarta bisa terjadi tanpa ada kiriman air dari daerah lain.

Sebagai diketahui, selama ini disebutkan kalau air kiriman dari daerah hulu seperti Bogor menjadi pemicu terjadinya banjir di DKI Jakarta.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam Disaster Briefing diikuti di Jakarta, Senin (10/10/2022) menjelaskan bahwa banjir di Jakarta kini bukanlah banjir yang sifatnya tradisional.

Kejadian yang mana masyarakat sering menyebutnya sebagai banjir kiriman.

Warga yang sedang beristirahat sejenak saat Car Free Night yang diwarnai hujan, di malam perayaan Tahun Baru 2020 di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (31/12/2019). [Suara.com / Alfian Winanto]

"Sekarang tidak seperti itu, karena berkaca pada kejadian mulai dari banjir Latuharhary 2013, tanggul jebol. Kemudian yang baru-baru ini tahun 2020, Halim terendam, yang tidak ada hubungannya dengan kondisi hulu," ujar Abdul.

Sehingga, kondisi-kondisi hujan lokal di Jakarta saat ini bisa berpengaruh pada banjir, dengan intensitas hujan tinggi, yang menciptakan genangan-genangan yang cukup signifikan secara lokal.

"Jadi tanpa ada peningkatan debit air dari hulu pun, meskipun saat ini yang terjadi di sepanjang Ciliwung hari ini adalah banjir kiriman, tetapi yang sebelumnya itu lebih banyak disebabkan oleh hujan lokal," ujar dia.

Abdul mengatakan perlunya melakukan revolusi drainase atau infrastruktur keairan di saat ini yang mana Jakarta merupakan megapolitan dengan urbanisasi, kepadatan penduduk dan dinamika yang cepat.

"Kita memang harus membuat revolusi, atau perubahan yang sangat signifikan, dalam konteks drainase keairan dan infrastruktur keairan kita," ujar Abdul.

Itulah laporan BNPB soal kini banjir bisa melanda Jakarta meski tidak ada kiriman air dari Bogor. Banjir bisa terjadi karena adanya hujan lokal di Jakarta. (Suara.com/ Liberty Jemadu)

 

Dapatkan informasi menarik lainnya melalui Facebook HiTekno.com dalam LINK INI.

BACA SELANJUTNYA

Cara Beli Tiket Kereta Bandara, Jakarta, Solo dan Jogja, Mudah dan Praktis