Rabu, 17 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 19 Oktober 2022 | 17:36 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Siapa yang tak tahu pelangi? Tentu semua orang tahu pelangi. Sebagai salah satu ciptaan alam yang paling indah, pelangi banyak menginspirasi puisi, lagu, lukisan, dan bentuk seni lainnya.

Pelangi adalah fenomena ilmiah yang sangat sederhana dari pembiasan cahaya yang menciptakan spektrum warna yang menakjubkan saat melewati tetesan air.

Bagaimana sebenarnya pelangi terbentuk tidak diketahui sampai abad ke-17, sampai Isaac Newton menemukan tujuh spektrum cahaya.

Ketika busur indah tujuh warna (Violet, Indigo, Biru, Hijau, Kuning, Oranye, Merah) muncul di langit, itu membawa senyum di wajah semua orang. Ada beberapa fakta menarik lainnya tentang pelangi ini.

Penasaran fakta menarik apa saja? Berikut deretan fakta sains tentang warna pelangi yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Ilustrasi pelangi api. (Wikipedia/ Nbarr)

1. Ilmuwan Isaac Newton lah yang menjelaskan bagaimana pelangi terbentuk. Dia mengidentifikasi tujuh warna dari spektrum elektromagnetik yang terlihat yang membentuk cahaya putih secara keseluruhan. Ketujuh warna itu adalah merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu, yang kesemuanya hadir dalam pelangi dengan urutan yang sama.

Akronim ROY G BIV digunakan untuk mengingat warna-warna ini serta urutan penampilannya dengan mudah. Ini juga disebut sebagai VIBGYOR dalam urutan terbalik. Warna-warna dalam Pelangi menyatu dengan warna berikutnya tanpa batas yang tegas.

2. Busur warna-warni yang kita lihat di langit adalah pelangi. Ini bukan objek tetapi fenomena optik. Kamu tidak dapat menyentuh atau merasakannya karena tidak memiliki keberadaan fisik. Pelangi terdiri dari cahaya yang memantulkan dan menekuk. Kamu tidak akan pernah bisa mencapai ujung pelangi karena pelangi bergerak seiring dengan pemandangan dan tidak memiliki posisi statis atau stasioner di langit.

3. Kebanyakan pelangi yang kita lihat akan menjadi "pelangi primer" dimana warna merah dapat terlihat di tepi luar hingga ungu di tepi dalam.

4. Langit di dalam pelangi primer lebih terang daripada langit di luar busur. Hal ini disebabkan fakta bahwa jutaan tetesan yang dibutuhkan untuk membuat pelangi berbentuk bola dan tumpang tindih untuk menciptakan cahaya putih. Namun di bagian tepi, cakram berwarna ini tidak tumpang tindih sehingga menampilkan warna masing-masing yang menghasilkan busur pelangi.

5. Homer, penyair epik Yunani, percaya bahwa Pelangi hanya terbuat dari satu warna, Ungu. Pada masa Renaisans, orang mengira ada empat warna: Merah, Biru, Hijau, dan Kuning. Sampai saat ini, rata-rata orang Cina mengklaim bahwa pelangi hanya memiliki lima warna.

6. Moonbows adalah pelangi bulan langka atau pelangi malam hari yang terjadi ketika cahaya bulan dipantulkan melalui tetesan hujan. Ini sama dengan busur pelangi, tetapi kamu akan melihat semuanya putih meskipun ketujuh warna ada secara samar.

7. Pelangi supernumerary atau pelangi susun adalah fenomena yang jarang terjadi, terdiri dari beberapa pelangi samar dengan pola pita warna pastel yang tidak biasa di sisi dalam pelangi primer, dan dalam kesempatan yang paling langka, juga di luar pelangi sekunder.

Inilah deretan fakta sains tentang warna pelangi yang bisa menambah pengetahuan kamu. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Apa Manfaat Makan Kurma ketika Sahur? Ini Fakta yang Perlu Anda Tahu