Rabu, 24 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 31 Oktober 2022 | 16:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Semua orang pasti tahu pelangi. Pelangi merupakan salah satu fenomena yang terjadi di alam di mana memicu pemandangan indah.

Proses terbentuknya pelangi tidak diketahui hingga abad ke-17, sampai Isaac Newton menemukan tujuh spektrum cahaya.

Dia mencatat bahwa urutan warna pelangi tidak pernah berubah, selalu berjalan dalam urutan yang sama.

Isaac Newton menciptakan gagasan bahwa ada tujuh warna dalam spektrum: merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila dan ungu (ROYGBIV).

Tetapi kenyataannya pelangi terdiri dari lebih dari sejuta warna, banyak di antaranya tidak terlihat oleh mata manusia.

Pelangi bukanlah spektrum murni. Ini sebenarnya terdiri dari segudang warna spektral individu yang tumpang tindih dan bercampur.

Urutan dasar warna untuk pelangi primer selalu sama mulai dari merah (panjang gelombang terpanjang sekitar 780 nm) hingga Violet (panjang gelombang terpendek dalam urutan pada 380 nm).

Ide tujuh warna masih populer dan membantu mengingat urutan warna yang paling mudah dikenali dalam pelangi.

Namun, perlu diingat bahwa ada juga berbagai macam warna, begitu banyak sehingga kita tidak dapat membedakan semuanya dengan mata telanjang. Lalu apa yang menyebabkan warna pelangi berbeda?

Berikut faktor penyebab warna pelangi berbeda yang tim Hitekno.com rangkum untuk kamu.

Ilustrasi pelangi. (Pixabay/ykaiavu)

Faktor yang Membedakan Warna Pelangi

Pelangi bukanlah sebuah benda. Pelangi bukan objek tetapi fenomena optik. Kamu tidak dapat menyentuh atau merasakan pelangi karena tidak memiliki keberadaan fisik.

Pelangi terbentuk dari cahaya yang memantulkan dan menekuk. Kamu tidak akan pernah bisa mencapai ujungnya karena pelangi bergerak seiring dengan pemandangan dan tidak memiliki posisi statis atau stasioner di langit.

Warna pelangi terjadi karena cahaya yang dipantulkan dari jutaan tetesan di bidang kabut atau hujan ketika disinari oleh Matahari.

Cahaya dari Matahari dibiaskan, dipantulkan, dan dibiaskan lagi dari tetesan individu dan dispersi menyebarkan sinar matahari yang dipantulkan ke dalam spektrum warna dalam prosesnya.

Kebanyakan pelangi yang sering kita lihat adalah "pelangi primer" dimana warna merah dapat terlihat di tepi luar hingga ungu di tepi dalam. Langit di bagian dalam pelangi primer lebih terang daripada langit di luar busur.

Hal ini dikarenakan jutaan tetesan yang dibutuhkan untuk membuat pelangi berbentuk bola dan tumpang tindih untuk menciptakan cahaya putih.

Di bagian tepi, cakram berwarna tidak tumpang tindih sehingga menampilkan warna masing-masing yang menghasilkan busur pelangi. Itulah penjelasan singkat tentang warna pelangi dan faktor yang membuatnya berbeda. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kamu.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

iPhone 15 dan iPhone 15 Pro Bawa Warna Baru, Lebih Futuristik?