Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 08 November 2022 | 12:57 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Gerhana Bulan Total bakal terjadi hari ini, Selasa (8/11/2022). Sejumlah kota di Indonesia akan berksempatan untuk menyaksikan fenomena langit yang terjadi nanti.

Dilaporkan Suara.com, Indonesia menjadi salah satu negara yang berkesempatan menyaksikan fenmena langit gerhana Bulan total hari ini. Namun, pengamat harus mengetahui kota di Indonesia mana saja yang kebagian gerhana Bulan total hari ini.

Menurut laporan In The Sky, gerhana Bulan total akan dimulai pada pukul 15:03 WIB, 16:03 WITA, atau 17:03 WIT. Itu merupakan fase gerhana Bulan penumbra dimulai dan tidak ada kota di Indonesia yang dapat menyaksikannya.

Gerhana Bulan parsial baru akan dimulai pada pukul 16:10 WIB, 17:10 WITA, atau 18:10 WIT, di mana beberapa kota di Indonesia yang dapat menyaksikannya mencakup sebagian Maluku Utara, sebagian Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Gerhana Bulan total akan terjadi pada pukul 17:17 WIB, 18:17 WITA, atau 19:17 WIT. Kota-kota di Indonesia yang berkesempatan menikmatinya termasuk sebagian wilayah Jawa Timur, sebagian Kalimantan Barat, sebagian Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Bali, NTT, NTB, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Sementara itu, puncak gerhana Bulan total akan terjadi pada pukul 18:00 WIB, 19:00 WITA, atau 20:00 WIT. Fase puncak gerhana Bulan total 8 November 2022 dapat diamati di hampir seluruh wilayah di Indonesia, kecuali Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh.

Beruntung, seluruh wilayah Indonesia akan kebagian jalur gerhana Bulan total ketika fase gerhana berakhir pada pukul 18:42 WIB, 19:42 WITA, atau 20:42 WIT.

Ilustrasi Gerhana Bulan. (Pixabay)

Pada fase gerhana Bulan parsial berakhir pada pukul 19:49 WIB, 20:49 WITA, atau 21:49 WIT pun seluruh kota di Indonesia masih dapat menikmatinya.

Sama seperti fase gerhana Bulan parsial, ketika Bulan memasuki fase gerhana Bulan penumbra berakhir pada pukul 20:56 WIB, 21:56 WITA, atau 22:56 WIT, seluruh wilayah di Indonesia dapat menyaksikannya.

Dengan jalur gerhana Bulan total 8 November 2022 seperti di atas, disimpulkan bahwa wilayah Indonesia timur akan menjadi lokasi pengamatan gerhana Bulan total terbaik hari ini.

Selain Indonesia, gerhana Bulan total 8 November 2022 pun dapat disaksikan di Oseania, Amerika, hingga Eropa Utara.

Ketika gerhana Bulan total terjadi, posisi Matahari-Bulan-Bumi berada dalam garis lurus dan pengamat akan melihat Bulan berwarna kemerahan.

Perubahan warna pada Bulan ini terjadi karena cahaya Matahari masih dapat menembus atmosfer Bumi dan menyebabkan cahaya tersebut menyinari Bulan yang berada di umbra Bumi ketika gerhana Bulan terjadi.

Bagi pengamat yang berada di kota-kota di Indonesia yang kebagian gerhana Bulan total hari ini dapat menyaksikannya dengan mata telanjang karena cahaya Bulan tidak berbahaya.

Pengamat tidak perlu menggunakan kacamata pelindung, namun jika ingin melihat detail Bulan, maka pengamat harus menggunakan bantuan teleskop.

Apakah kamu berada di kawasan kota-kota di atas? Jangan sampai melewatkan kesempatan menyaksikan fenomena langit Gerhana Bulan Total tersebut. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Bersama Xiaomi 14, Dihadirkan Juga Xiaomi Watch S3, Xiaomi Watch 2, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro di Indonesia