Rabu, 17 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 01 Desember 2022 | 13:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Honda mendorong elektrifikasi kendaraan di tahun-tahun mendatang namun mereka juga berencana untuk membuat dan meluncurkan kendaraan sel bahan bakar (fuel cell) hidrogen pada tahun 2024.

Dilansir dari Gizmochina, pabrikan mobil telah mengungkapkan bahwa mereka akan memproduksi model Honda CR-V sel bahan bakar di Performance Manufacturing Center (PMC) di Marysville, Ohio, karena berencana untuk sepenuhnya listrik pada tahun 2040 dan netral karbon pada tahun 2050.

Sel bahan bakar menggunakan hidrogen dan oksigen untuk menciptakan listrik untuk memberi daya pada kendaraan alih-alih mengandalkan baterai.

Ini memiliki keunggulan dibandingkan kendaraan listrik baterai karena kendaraan dapat diisi bahan bakar dalam tiga hingga empat menit dan menempuh jarak yang lebih jauh sebelum keluar dari catu daya.

Tapi, teknologinya belum siap untuk diadopsi secara massal, dan stasiun hidrogen publik terkonsentrasi di California di AS.

Model Sel Bahan Bakar Hidrogen Honda CR-V yang akan datang akan hadir dengan kemampuan plug-in untuk paket baterainya untuk memungkinkannya menawarkan sejumlah kecil jangkauan listrik saja tanpa harus bergantung pada pasokan hidrogennya.

Rincian lebih lanjut tentang mobil itu akan terungkap sekitar mendekati peluncuran 2024, kata Honda.

Perusahaan tidak mengatakan berapa banyak unit yang akan dibangun tetapi mencatat bahwa pabrik tersebut berspesialisasi dalam kendaraan volume kecil.

Selain Honda, Toyota dan General Motors telah mengembangkan teknologi sel bahan bakar selama dua dekade terakhir. Sedan ukuran menengah Mirai Toyota sedang menuju generasi keduanya.

Honda, yang meluncurkan kendaraan sel bahan bakar pertamanya, FCX, pada tahun 2002 dan telah menginvestasikan lebih dari $14 juta di jaringan pengisian bahan bakar hidrogen California.

BMW dan Toyota juga bekerja sama untuk memproduksi kendaraan sel bahan bakar hidrogen di tahun-tahun mendatang.

Pada tahun 2024, Bosch berencana untuk menginvestasikan lebih dari $1 miliar secara global untuk mengembangkan teknologi sel bahan bakar, dengan lebih dari $200 juta untuk membangun tumpukan sel bahan bakar untuk truk komersial di pabriknya di Carolina Selatan.

BACA SELANJUTNYA

Porsche Luncurkan Sepeda Listrik Harganya Lebih Mahal dari Mobil LCGC