Rabu, 01 Mei 2024
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 01 Januari 2023 | 21:29 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ahli onkologi dari Belanda telah menemukan kelenjar baru di dalam wajah manusia yang mereka sebut kelenjar tubarial.

Dilansir dari Sputnik News, penelitian ini diterbitkan dalam jurnal peer review Radiotherapy and Oncology.

Berusaha mempelajari lebih lanjut tentang proses kanker di kepala dan leher, para peneliti menggunakan pemindaian dengan glukosa radioaktif yang "menyoroti" area tertentu dari tubuh.

Mereka memanfaatkan tomografi emisi positron dan pemindaian computed tomography.

Para ahli onkologi memindai sekitar 100 pasien dan mayat dan yang mengejutkan mereka, area wajah tertentu terus bersinar.

Pada awalnya mereka memutuskan bahwa itu adalah semacam anomali, tetapi penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa mereka berurusan dengan bagian baru dari tubuh manusia.

Kelenjar tubarial mengambil bagian dalam produksi air liur di dalam mulut. Organ baru ini kira-kira berukuran sama dengan tiga kelenjar ludah utama. Namun, mereka terletak di kedua sisi nasofaring.

Penemuan ini konsisten dengan tujuan utama tim peneliti – untuk mempelajari lebih lanjut tentang kanker.

Radioterapi yang membunuh sel kanker dapat menyebabkan komplikasi dengan kelenjar ludah, termasuk yang baru ditemukan. Para dokter harus menghindari menargetkan bagian wajah baru ini.

Sebelumnya diyakini bahwa kelenjar ludah atau lendir di nasofaring jauh lebih kecil dan menyebar secara merata ke seluruh mukosa.

BACA SELANJUTNYA

Intip Organ Dalam dan Otak Mumi, Ilmuwan Temukan Fakta Ini