Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 22 Januari 2023 | 18:12 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ketahui ada beberapa fakta menarik buaya yang belum banyak diketahui. Bagaimana hewan purba ini punya keunikannya sendiri hingga bertahan dari kepunahan sampai sekarang.

Buaya dikenal menjadi salah satu hewan purba yang telah hidup sejak era dinosaurus. Selain dapat melambatkan metabolisme tubuhnya, beberapa fakta menarik buaya yang lain bisa Anda simak di bawah ini.

Beberapa fakta menarik buaya ini mungkin juga terbilang aneh, karena tidak sama dengan kewajaran makhluk hidup yang lain.

Dilansir dari balisafarimarinepark.com, berikut beberapa fakta menarik buaya yang menarik untuk diketahui.

1. Kekuatan Gigitan Paling Besar

Buaya adalah salah satu hewan yang menduduki peringkat tertinggi dalam hal kekuatan gigitan di kerajaan hewan.

Otot di bagian rahang dan gerakan rahangnya yang demikian efektif membuat buaya dapat menghancurkan tulang mangsanya dengan sekali gigit. Saat sudah tertutup, rahangnya akan mengunci dan meremukkan mangsanya.

2. Tidak Mengunyah Mangsa

Tahukah Anda bahwa buaya tidak pernah mengunyah mangsanya? Hal ini karena bentuk gigi dan mulutnya yang memang tidak didesain untuk hal tersebut. Mangsa yang sudah tertangkap kemudian dipotong dan diremukkan agar dapat ditelan secara langsung.

Untuk membantu pencernaan, buaya terkadang menelan beberapa kerikil. Kerikil ini berfungsi untuk membantu menghancurkan makanan di perut buaya, yang ditelan secara utuh tadi.

3. Memiliki Kulit Super

Sebagai salah satu makhluk yang telah hidup sejak era dinosaurus, salah satu keuntungan yang dimiliki buaya adalah kulitnya yang sangat tebal.

Bahkan, kulit buaya hampir anti peluru. Hal ini membuat kulit buaya sulit sekali ditembus secara alami, dan membutuhkan tekanan yang begitu besar untuk bisa ditembus.

4. Tidak Punya Kelenjar Keringat

Tidak seperti hewan pada umumnya, buaya juga tidak memiliki kelenjar keringat. Seperti yang diketahui kelenjar keringat digunakan untuk membuang zat kimia tidak berguna, dan mengatur suhu tubuh agar tidak terlalu panas.

Alih-alih kelenjar keringat, buaya membuang semua kotoran dan zat berbahayanya melalui saluran pencernaan. Untuk menstabilkan suhu tubuh, mereka kemudian berdiam diri dengan membuka rahangnya.

5. Tidak Sama dengan Aligator

Tidak sedikit orang yang masih salah paham antara buaya dan aligator. Keduanya adalah spesies berbeda, dan perbedaannya cukup mencolok. Salah satu perbedaannya adalah bentuk rahang buaya yang memanjang, dan aligator yang cenderung lebih pendek dan bulat.

Selain itu, ketika rahangnya tertutup, gigi buaya akan tampak, sedangkan aligator tidak tampak giginya saat rahang tertutup.

Cukup menarik bukan kelima fakta menarik buaya yang disajikan di atas? Lebih mengenal hewan bisa membuat lebih menyayanginya.

Semoga fakta menarik buaya di atas bermanfaat, dan selamat melanjutkan aktivitas kamu! (Suara.com/ I Made Rendika Ardian)

BACA SELANJUTNYA

Tayang di Disney Hotstar, Ini Sederet Fakta Menarik Marvel Secret Invasion