Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 23 Januari 2023 | 14:40 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apa saja makanan Buaya yang bisa disantapnya? Sebagai diketahui, hewan karnivora ini termasuk pilih-pilih makanan. Ketahui apa saja yang disukai hewan purba ini.

Sebagai dikutip dari Suara.com, buaya merupakan reptil yang dapat hidup di air tawar dan air asin. Di dalam perairan ini tentunya ada banyak sumber makanan. Lantas apa saja makanan buaya di habitatnya? 

Buaya yang hidup di alam liar umumnya akan memakan hewan spesies lain yang lewat di depannya, seperti mamalia kecil, burung, ikan, serangga, katak, spesies reptil lainnya, dan krustasea.

Semakin besar ukuran buaya, maka akan semakin besar pula kebutuhan makannya.  Bisa berkilo-kilo daging yang bisa disantap oleh hewan purba ini.

Berikut daftar makanan buaya di alam liar

  1. Ikan
  2. Burung
  3. Kura-kura
  4. Katak
  5. Ular
  6. Babi hutan
  7. Rusa kutub
  8. Hiu
  9. Krustasea seperti kepiting
  10. Rusa atau mamalia berkuku kecil lainnya
  11. Bayi gajah atau badak

Sedangkan buaya di penangkaran, seperti di kebun binatang atau akuarium, makan makanan yang sedikit berbeda dari buaya liar.

Tidak peduli apa, makanan buaya tetaplah yang  berbasis daging. Buaya di penangkaran atau kebun binatang umumnya akan diberi makanan sebagai berikut: 

  1. Tikus
  2. Ayam mentah
  3. Daging sapi mentah
  4. Ikan

Baik itu di penangkaran atau di alam liar, buaya adalah pemakan yang sangat oportunistik, dan mereka juga nyaman memakan hewan atau bangkai yang mati.

Ilustrasi buaya. (pixabay)

Berapa banyak yang dimakan buaya?

Seekor buaya makan rata-rata 1-3 kg daging per hari, atau sekitar 5 persen dari berat badannya per minggu.  Namun, itu tergantung pada ukuran keseluruhan buaya dan jumlah makanan yang tersedia bagi mereka. Seekor buaya dengan banyak mangsa di dekatnya dapat makan lebih dari 3 kg daging dalam sehari. 

Menurut Journal of Herpetology, buaya remaja perlu makan setidaknya 4 persen dari berat badannya setiap minggu tergantung pada ukurannya. Sementara, buaya dalam penangkaran umumnya perlu makan setidaknya empat kali lipat dari jumlah itu.

Apakah buaya berbahaya bagi manusia?

Ya, buaya memang bisa berbahaya bagi manusia. Ini karena mereka adalah predator oportunistik, yang mampu memakan apa pun yang lebih kecil dari mereka.

Semakin besar buaya, semakin besar kemungkinannya untuk menjadi bahaya bagi kita sebagai manusia karena mereka bisa saja memakan manusia.

Banyak ahli setuju bahwa menghindari spesies buaya besar adalah langkah terbaik kita sebagai manusia. Rahang buaya yang kuat hampir tidak mungkin untuk melarikan diri, dan karnivora besar ini dapat bergerak sangat cepat.

Demikian itu informasi berkaitan apa saja makanan buaya. Semoga bermanfaat.

Itulah berbagai makanan buaya yang sebaiknya kamu ketahui, terkait berbagai informasi soal hewan purba ini. (Suara.com/ Mutaya Saroh)

BACA SELANJUTNYA

Memanggang Roti Buaya, Hasilnya Malah Bikin Netizen Kaget