Minggu, 16 Juni 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 06 April 2023 | 02:30 WIB

Hitekno.com - Sahur adalah waktu yang penting bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Sahur membantu tubuh untuk mendapatkan energi dan nutrisi yang dibutuhkan selama berpuasa.

Namun, tidak semua minuman baik untuk dikonsumsi saat sahur. Ada beberapa jenis minuman yang harus dihindari karena dapat menyebabkan dehidrasi, gangguan pencernaan, atau peningkatan gula darah.

Berikut adalah beberapa contoh minuman yang sebaiknya tidak diminum saat sahur menurut sains.

Ilustrasi minuman beralkohol. (pixabay/Free Photos)

1. Minuman bersoda

Minuman bersoda mengandung gas karbon dioksida yang dapat membuat perut kembung dan tidak nyaman.

Selain itu, minuman bersoda juga mengandung gula dan kafein yang dapat meningkatkan gula darah dan membuat haus lebih cepat.

Minuman bersoda juga tidak memberikan manfaat nutrisi apa pun bagi tubuh.

2. Minuman berkafein

Minuman berkafein seperti kopi, teh, atau cokelat dapat memberikan efek stimulan yang membuat kita merasa segar dan berenergi.

Namun, efek ini hanya sementara dan dapat menimbulkan efek samping seperti jantung berdebar, insomnia, atau sakit kepala.

Minuman berkafein juga dapat meningkatkan produksi urine dan keringat yang dapat menyebabkan dehidrasi.

3. Minuman manis

Minuman manis seperti sirup, jus buah, atau susu kental manis dapat memberikan rasa manis yang menyenangkan bagi lidah.

Namun, minuman manis juga mengandung gula tinggi yang dapat meningkatkan gula darah dan menyebabkan lonjakan insulin.

Hal ini dapat membuat kita merasa lapar lebih cepat dan mengganggu metabolisme tubuh.

4. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol seperti bir, anggur, atau wiski adalah minuman yang sangat tidak disarankan untuk diminum saat sahur. Alkohol adalah zat racun yang dapat merusak hati, ginjal, otak, dan organ tubuh lainnya.

Alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi, mual, muntah, atau sakit kepala. Selain itu, minum alkohol saat sahur juga bertentangan dengan ajaran Islam.

Minuman yang baik untuk diminum saat sahur adalah air putih atau air mineral yang dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu proses pencernaan.

Selain itu, minuman seperti susu rendah lemak, air kelapa, atau air rebusan jahe juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Minuman-minuman ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan gula darah, atau meredakan nyeri perut. Jadi, pilihlah minuman yang sehat dan bermanfaat untuk sahur Anda.

BACA SELANJUTNYA

Cara Download Suara Alarm Bangun Sahur dari TikTok dan YouTube Tanpa Aplikasi