Kamis, 30 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 03 Mei 2023 | 16:10 WIB

Hitekno.com - Berapa jarak Bumi ke Mars yang sudah bisa diukur, lengkap berapa lama perjalanan Bumi ke Mars dengan teknologi terkini? Simak penjelasan berikut ini.

Planet Merah ini masih menyimpan banyak misteri dan membuatnya menarik perhatian berbagai peneliti. Tidak kecuali badan antariksa NASA.

Pengukuran jarak Bumi ke Mars sendiri tergolong masih perkiraan atau rata-rata saja. Karena pergerakan Mars dan Bumi mengitari Matahari berpengaruh dalam jarak kedua planet.

Jarak Bumi ke Mars

Menurut laporan NASA, Mars adalah planet keempat dari Matahari dan berjarak sekitar 228 juta kilometer dari Bumi pada titik terdekatnya. Jarak antara Bumi dan Mars tidak selalu konstan karena orbit mereka yang berbentuk elips dan saling mempengaruhi.

Dengan teknologi terkini, perjalanan ke Mars membutuhkan waktu yang sangat lama dan memerlukan teknologi yang sangat canggih.

Untuk meluncurkan misi ke Mars, para ilmuwan biasanya menunggu saat terbaik ketika Mars dan Bumi berada di posisi terdekat, yang terjadi setiap dua tahun sekali.

Lama Perjalanan Bumi ke Mars

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Mars? Jika sudah mengetahui jarak Bumi ke Mars sekitar 228 juta kilometer.

Perjalanan ke Mars membutuhkan waktu yang bervariasi tergantung pada posisi planet tersebut dan teknologi yang digunakan.

Namun sampai sejauh ini penjelajahan ke planet Mars belum bisa mengirimkan manusia. Namun baru robot penjelajah yang dikirimkan NASA ke Planet Merah tersebut.

Namun, pada umumnya perjalanan ke Mars memerlukan waktu sekitar 7-9 bulan dengan menggunakan roket atau wahana antariksa.

Itulah penjelasan jarak Bumi ke Mars berdasarkan laporan NASA lengkap dengan lama perjalanan Bumi ke Mars yang sudah bisa ditempuh.

BACA SELANJUTNYA

Asteroid Seukuran Gedung Tiga Lantai Sempat Dekati Bumi namun Tak Usung Bahaya