Sabtu, 27 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 16 Juni 2023 | 19:41 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Salah satu hal misterius yang sering membuat pemilik kucing bingung adalah mengapa kucing begitu tergila-gila dengan kardus. Mengapa kucing suka kardus? Apakah ada penjelasan dan penelitian yang dapat mengungkapkan fakta di balik fenomena ini?

Dikutip dari Suara.com, rupanya ada beberapa alasan yang cukup masuk akal mengapa kucing begitu menyukai kardus.

Beberapa alasan tersebut dapat dijelaskan secara singkat berikut ini, sementara ada juga beberapa hal yang mungkin pemilik kucing setuju untuk meninggalkannya sebagai misteri yang tak terjawab.

1. Kucing Merasa Aman dan Nyaman

Alasan pertama, kucing merasa aman dan nyaman saat mereka berada di dalam kardus. Kardus yang memiliki banyak sisi tertutup membuat kucing merasa terlindungi dan merasakan kenyamanan saat berada di habitat liar.

Mereka dapat merasa aman karena dengan berada di dalam kardus, tidak ada yang bisa menyelinap dari berbagai arah dan dapat mengancam mereka.

2. Meredakan Stres

Jangan salah, hewan peliharaan juga bisa memiliki tingkat stres tertentu. Secara alami, ketika merasakan stres atau tekanan yang membuatnya tidak nyaman, mereka akan mencari tempat perlindungan yang dirasa aman agar tidak ada yang mengganggu mereka.

Dilansir dari Jurnal Sains Perilaku Hewan Terapan, rupanya terdapat temuan bahwa kardus dapat membantu mengurangi stres pada kucing.

3. Rasa Penasaran

Rasa penasaran kucing terkadang mengalahkan ketakutan yang dimiliki hewan berbulu menggemaskan ini. Berbekal rasa ingin tahu itu, kucing akan masuk ke dalam kardus karena bentuknya yang unik dan aneh, tapi menarik.

4. Bau yang Asing

Efek indera penciumannya tajam, bau kardus yang asing membuat kucing gampang semakin penasaran, terlebih setiap kardus barang selalu memberikan aroma khas yang berbeda.

Kucing menyukai bau alami yang muncul dari kertas kardus. Ini membuat mereka merasa cenderung nyaman berdekatan dengan benda ini.

5. Tekstur yang Lembut namun Kuat

Kardus biasanya memiliki permukaan yang lembut, namun cukup bertekstur di bagian dalamnya. Hal ini disukai kucing karena nyaman berbaring dan bersantai. Bisa jadi sarana bermain yang seru juga.

Tidak heran jika Anda sering menemukan bekas cakaran atau gigitan kucing di berbagai kardus. Mereka benar-benar menyukai teksturnya yang unik.

Kardus sebagai sebuah benda yang tertutup di setiap sisinya memang menawarkan kenyamanan dan keamanan untuk kucing. Inilah kenapa kucing suka kardus dan sering sekali berada di dekat kardus ketika Anda baru saja membeli barang baru.

Suara.com/I Made Rendika Ardian

BACA SELANJUTNYA

Microsoft Terbitkan Makalah Penelitan tentang AI, Mampu Ungguli Manusia?