Sabtu, 27 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 18 Juni 2023 | 13:09 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Anjing adalah hewan peliharaan yang populer dan terkenal akan kesetiaannya terhadap pemiliknya. Namun, sebagai pemilik anjing, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mereka dan mengenali tanda-tanda rabies

Rabies adalah penyakit yang mempengaruhi sistem saraf dan dapat membahayakan manusia serta hewan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui tanda-tandanya.

Berikut adalah beberapa gejala rabies pada anjing yang perlu diketahui, seperti yang dikutip dari Suara.com.

1. Perilaku berubah drastis

Anjing yang terkena rabies dapat mengalami perubahan perilaku drastis. Mereka mungkin menjadi lebih agresif atau gelisah, atau sebaliknya, menjadi sangat tenang dan lesu.

Perubahan ini dapat mencakup kehilangan minat pada aktivitas yang biasa mereka lakukan atau penarikan diri dari interaksi sosial.

2. Kejang-kejang

Rabies mempengaruhi sistem saraf anjing, sehingga mereka dapat menunjukkan gejala neurologis yang mencolok.

Anjing mungkin mengalami kejang-kejang, tremor, atau kesulitan berjalan. Mereka juga dapat mengalami kelumpuhan parsial atau total.

3. Gangguan pernafasan

Anjing yang terkena rabies dapat mengalami kesulitan bernapas atau napas yang tidak teratur. Hal ini disebabkan oleh kerusakan pada sistem saraf yang mengendalikan fungsi pernapasan.

4. Penurunan nafsu makan

Ciri-ciri anjing rabies berikutnya adalah nafsu makan menurun. Rabies dapat menyebabkan anjing kehilangan nafsu makan dan haus. Mereka mungkin menolak makanan atau minuman yang biasanya mereka sukai, atau mengalami penurunan berat badan yang signifikan.

5. Air liur berlebihan

Salah satu tanda paling umum dari anjing yang terkena rabies adalah produksi air liur yang berlebihan. Anjing yang terinfeksi dapat mengeluarkan air liur secara berlebihan, hingga mengalir dari mulut mereka.

6. Ketergangguan mental dan kehancuran

Rabies dapat mempengaruhi fungsi otak anjing, yang menyebabkan ketergangguan mental dan kehancuran. Mereka mungkin menjadi bingung, cemas, atau kehilangan kesadaran atas lingkungan sekitar mereka.

7. Sensitif pada cahaya

Anjing yang terkena rabies dapat menjadi sangat sensitif terhadap cahaya, yang dikenal sebagai fotofobia. Mereka mungkin menghindari cahaya terang dan berusaha bersembunyi di tempat yang gelap.

8. Kesulitan menelan

Rabies dapat mempengaruhi kemampuan anjing untuk menelan makanan atau air dengan baik. Mereka mungkin menunjukkan kesulitan saat makan atau minum sehingga membuatnya sering menolak makan.

9. Perubahan suara

Perubahan suara anjing juga dapat menjadi tanda rabies. Mereka mungkin mengeluarkan suara yang tidak biasa, seperti mengerang atau meraung dengan cara yang berbeda dari biasanya.

Itulah beberapa tanda anjing rabies yang bisa kalian kenali dan pastikan pada hewan peliharaanmu.

Suara.com/Hillary Sekar Pawestri

BACA SELANJUTNYA

Berebut Makanan, Kucing Oren Nekat Menampar Hewan Ini