Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 19 Juni 2023 | 15:59 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Satelit Satria-1 akhirnya berhasil diluncurkan pada pada Minggu (18/6/2023) di Florida, Amerika Serikat sekitar pukul 18.21 waktu Florida atau sekitar 05.21 WIB. Ketahui ada beberapa fakta menarik satelit Satria milik Indonesia tersebut.

Dikutip dari Suara.com, peluncuran satelit Satria yang diseut sebagai satelit terbesar di Asia ini menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX.

Peluncuran Satelit Satria-1 ini pun sudah menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu sejak beberapa tahun yang lalu.

Lalu, apa yang membuat satelit ini istimewa? Simak inilah selengkapnya fakta menarik Satelit Satria.

1. Proyek digagas sejak tahun 2019

Peningkatan kebutuhan layanan internet di berbagai elemen masyarakat Indonesia membuat proyek satelit ini menjadi prioritas pemerintah Indonesia.

Satelit Republik Indonesia atau Satria-1 ini juga merupakan satelit multifungsi yang digagas pemerintah demi memberikan pelayanan internet optimal kepada masyarakat dengan pembiayaan dari Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha sejak tahun 2019.

Peluncuran Satelit Satria-1. (dok Kemenkominfo)

2. Peningkatan pelayanan masyarakat 3T

Misi pemerintah dalam peluncuran Satria-1 ini juga menargetkan pelayanan internet dan melengkapi infrastruktur digital secara nasional terutama daerah 3T demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Pemerintah juga berharap pelayanan yang disediakan Satria-1 bisa mengurangi kesenjangan sosial terutama pada fasilitas layanan internet pada lapisan masyarakat.

3. Proses konstruksi sejak tahun 2020

Persiapan peluncuran Satria-1 ini pun juga melewati proses konstruksi sejak tahun 2020 dan ditargetkan rampung pada akhir 2023. Namun, proses konstruksi ini ternyata memakan waktu yang cukup singkat.

Target peluncuran yang dilakukan pada kuartal 3 tahun 2023 ternyata dapat dilaksanakan pada akhir kuartal 2 tahun 2023 ini.

4. Mulai beroperasi di awal 2024

Peluncuran satelit Satria ini pada Minggu, (18/06/2023) pun membuat pemerintah optimis satelit ini akan mulai beroperasi pada awal tahun 2024 mendatang.

Satelit Satria-1 ini akan menempati lokasi orbit 146 BT. Jika berhasil menempati orbit yang sesuai, maka ujicoba satelit akan dilakukan pada akhir tahun 2023 mendatang.

5. Jadi penentu masa depan satelit Indonesia

Peluncuran satelit yang dilaksanakan di Florida, Amerika Serikat ini juga dihadiri oleh pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika DI. Direktur Jendral Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Wayan Toni Supriyanto mengungkap proyek satelit Satria-1 ini menjadi penentu masa depan proyek satelit Indonesia lainnya.

"Kemungkinan besar akan ada satelit-satelit selanjutnya, namun itu sangat tergantung dari keberhasilan SATRIA-1 ini," ungkap Wayan dalam konferensi pers persiapan peluncuran SATRIA-1 di Orlando, Florida, Amerika Serikat pada Jumat (17/06/2023) waktu Florida.

Itulah lima fakta menarik Satelit Satria milik Indonesia yang diluncurkan ke orbit menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX. (Suara.com/ Dea Nabila)

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Ungkap Ada Samudra di Bawah Permukaan Satelitnya Uranus, Ada Makhluk Hidup?