Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 18 Januari 2019 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia ( APSI ) mendesak pemerintah untuk menerapkan dan membuat aturan registrasi International Mobile Equipment Identity ( IMEI ). Registrasi IMEI diminta untuk setiap ponsel yang digunakan di Indonesia.

Menurut Ketua APSI Hasan Aula, tidak adanya aturan registrasi IMEI mendorong berkembangnya ponsel ilegal lewat jalur black market (BM).

Konsekuensi dari keberadaan ponsel BM pun tidak main-main karena kerugian bukan hanya ditanggung oleh vendor, namun juga konsumen.

Ilustrasi smartphone charging. (KPCC)

''Kalo barang ilegal ini tidak dicegah, konsekuensinya luar biasa. Harga akan menjadi tidak stabil karena barang tersebut dijual dengan harga murah, karena tidak comply dengan pajak,'' ungkap Hasan Aula di Balai Kartini, Jakarta Selatan, pada Kamis (17/1/2019).

''Kedua adalah kepercayaan konsumen kepada brand juga terganggu. Akhirnya dia bisa beli barang dengan gampang tapi masuknya dengan cara yang tidak jelas. Nantinya garansi ponselnya jadi tidak resmi,'' imbuhnya.

Dari pengamatan APSI, harga ponsel BM di pasaran saat ini memiliki harga 20-30 persen lebih murah ketimbang harga resmi. Sedangkan untuk merek, Xiaomi masih berada di urutan teratas ponsel ilegal yang paling banyak dijual di Indonesia.

Ilustrasi pengguna smartphone. (unsplash/Rawpixel)

Oleh karena itu, APSI mendesak agar pemerintah segera merealisasikan aturan regulasi IMEI karena aoan berpengaruh pada pendapatan industri ponsel secara keseluruhan.

Selain itu, pemerintah juga akan mendapatkan devisa dari bea pajak yang dikenakan.

''Jadi dari asosiasi ponsel mengharapkan pemerintah untuk benar-benar serius menerapkan IMEI control karena ini akan membantu sekali bagi para pelaku di industri ini,'' tutup Hasan Aula.

Akankah pemerintah memberlakukan registrasi IMEI untuk semua ponsel di Tanah Air? (Suara.com/Tivan Rahmat)

BACA SELANJUTNYA

Harga HP Nokia Terbaru 2023 Bulan Juni: Mulai dari 300 Ribu hingga Jutaan