Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 21 Maret 2019 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Media sosial Instagram menghadirkan fitur baru yang tak biasanya. Fitur baru Instagram ini bisa memudahkan para penggunanya untuk berbelanja.

Dengan fitur baru Instagram ini, membuat media sosial tersebut bakal bersaing dengan layanan eCommerce seperti Amazon, Alibaba, hingga Tokopedia.

Fitur yang diperkenalkan pada Selasa (19/3/2019) itu berwujud sebuah tombol ''Checkout'' dan masih dalam versi beta. Saat ini fitur tersebut baru tersedia untuk beberapa pengguna di Amerika Serikat.

''Kami memperkenalkan Checkout di Instagram. Ketika pengguna menemukan produk yang disukainya, ia bisa langsung membelinya tanpa harus meninggalkan aplikasi,'' jelas Facebook, perusahaan pemilik Instagram, seperti dilansir AFP.

Saat ini ada sejumlah merek ternama seperti Adidas, Burberry, Dior, H&M, Nike, Prada, dan Warby Parker, yang bekerja sama dengan Instagram dalam fitur belanja ini.

Ilustrasi aplikasi Instagram. (unsplash/Jaelynn Castillo)

Facebook bersama anak perusahaannya seperti Instagram selama ini dikenal mengumpulkan pundi-pundi dari iklan. Tetapi mendirikan sebuah eCommerce tampaknya tak akan menjadi urusan mudah.

Sejumlah analis menilai tak akan mudah bagi pengguna untuk memercayakan informasi sensitif seperti kartu kredit kepada Instagram atau Facebook yang dikenal ceroboh dalam menyimpan data pribadi pengguna.

Juga belum diketahui apakah fitur belanja Instagram itu akan tersedia di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, atau tidak.

Jika iya, maka fitur baru Instagram ini harus siap melawan pemain-pemain besar lokal seperti Tokopedia dan Bukalapak. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Amazon PHK Massal 9.000 Karyawan, Ternyata Ini Penyebabnya