Jum'at, 29 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Sabtu, 12 November 2022 | 22:18 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Fokus pada produksi semikonduktor AS pada era Trump menyebabkan pengecoran top dunia, TSMC, untuk membuka fasilitas fabrikasi pembuatan chip di Phoenix, Arizona.

Dilansir dari Phone Arena, fasilitas ini dijadwalkan akan online pada tahun 2024 dengan chip bergulir dari jalur yang diproduksi menggunakan simpul proses 5nm pengecoran.

Apple dan TSMC membahas pemindahan produksi chip 3nm ke AS.

Sederhananya, semakin rendah node proses, semakin kecil transistor yang digunakan dalam komponen yang memungkinkan lebih banyak dari mereka untuk masuk ke dalam chip.

Ini penting karena biasanya semakin tinggi jumlah transistor yang dimasukkan ke dalam chip, semakin kuat dan hemat energinya.

Tahun ini, Samsung Foundry akan mengirimkan chip 3nm dan tahun depan TSMC akan mengirimkan 3nm A17 Bionic ke Apple untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Ultra.

Sebagai contoh, A13 Bionic yang ditemukan di seri iPhone 11 dari 2019 dibuat oleh TSMC menggunakan node proses 7nm dan membawa 8,5 miliar transistor.

A16 Bionic yang digunakan untuk memberi daya pada model iPhone 14 Pro dibuat oleh TSMC menggunakan proses 5nm yang ditingkatkan (yang disebut 4nm) dan setiap chip dilengkapi dengan hampir 16 miliar transistor.

Kembali pada Mei 2021, IBM mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan chip 2nm yang akan dapat "memuat 50 miliar transistor dalam ruang yang kira-kira seukuran kuku."

Apple, yang menyumbang 25% terkemuka dari pendapatan tahunan TSMC, ingin memindahkan produksi chip ke area dunia yang tidak berpotensi menjadi fokus perhatian China seperti Taiwan.

Dengan China yang ingin menjadi mandiri dalam produksi chip, selalu ada ketakutan bahwa negara itu mengarahkan pandangannya pada Taiwan.

Apple ingin memindahkan produksi mutakhir TSMC dari Taiwan dan ke negara-negara bagian.

Seperti yang telah disebutkan, fasilitas TSMC di AS diharapkan dapat mendorong chip 5nm.

Namun menurut TechSpot, baik Apple maupun TSMC sedang mendiskusikan untuk memindahkan produksi 3nm TSMC ke negara bagian.

Ini bisa mengharuskan TSMC untuk mendatangkan lebih banyak talenta top ke AS Apple akan dapat mengakses chipnya lebih cepat jika TSMC dapat memproduksinya di Arizona dan mungkin ini dapat membebaskan Apple dari beberapa kekhawatiran yang mungkin dimilikinya atas situasi geopolitik.

 

BACA SELANJUTNYA

Apple Mulai Perbarui Aplikasi Health, Fitur Lebih Interaktif