Minggu, 03 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 02 Desember 2022 | 17:41 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Android dan iOS telah menguasai pasaran smartphone selama bertahun-tahun, bahkan kini menurut StatCounter, dominasi keduanya mencapai 99,4 persen.

Terkait hal ini, ada sebuah temuan unik yang dipublikasikan oleh Android Authority.

Media tersebut menggelar polling yang walaupun diikuti tak terlalu banyak responden (332 orang hingga artikel ini ditulis), dan hasilnya mengungkap bahwa 72% orang butuh adanya platform (OS) ketiga.

Sementara itu, 28 lainnya menjawab tidak, mengindikasikan bahwa mereka sudah puas dengan apa yang telah ada selama ini.

Seperti yang kita tahu, dulunya terdapat beberapa pihak yang berniat total untuk menjadi pemain ketiga dalam hal ini, yang malah akhirnya bernasib buruk, sebut saja BlackBerry dan juga Windows Phone.

Ada juga pihak yang ingin mencoba peruntungan, namun hingga kini mereka cuma berhasil masuk di pasar niche, seperti Ubuntu Touch, Sailfish OS dan masih banyak lagi.

Ilustrasi Windows Phone. (Microsoft)

Walau demikian, dengan duopoli yang selama ini terjadi, dan minimnya perkembangan OS pada smartphone membuat adanya opsi ketiga mungkin menarik bagi sebagian orang.

Apalagi, baik Google dan Apple sudah beberapa kali terpaksa berurusan dengan pihak penegak hukum karena dugaan adanya praktik duopoli, yang mana tentu kurang sehat, termasuk untuk kalangan pengembang aplikasi.

Belum lama ini, bos Tesla dan Twitter, Elon Musk mengatakan bahwa dirinya mungkin saja memprakarsai terlahirnya opsi ketiga jika media sosial yang baru saja ia beli didepak dari Playstore dan App Store.

Belum lagi adanya dukungan chipset ARM yang jalan menggunakan Microsoft Windows, yang difokuskan untuk laptop 2-in1 atau bahkan tablet, yang bisa jadi memicu kemunculan HP ber-OS Windows 11.

Akankah ada OS yang berhasil memikat hati para pencinta gadget dan membuat persaingan semakin panas? Mari kita simak.

BACA SELANJUTNYA

Microsoft Rilis Pembaruan Bing Chat Baru, Widget di iOS Kini Sudah Hadir