Sabtu, 27 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 20 Desember 2022 | 19:34 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tak dapat dipungkiri jika iPhone masih menjadi salah satu gadget yang paling banyak diminati dan diidamkan oleh pengguna tanah air.

Hal tersebut lantaran brand iPhone ini masih dipandang eksklusif dan berkelas bagi sebagian orang. Bahkan karena suksesnya perusahaan Apple membangun brand, iPhone ini masih dianggap sebagai ponsel papan atas.

Mengacu pada alasan tersebut, terkadang banyak pedagang nakal yang coba cari keuntungan. Mereka memalsukan produk iPhone untuk membodohi orang-orang yang tak paham tentang produk yang satu ini.

Apalagi saat ini, sudah banyak ditemukan ponsel HDC, palsu atau supercopy yang secara penampilan sangat mirip dengan iPhone asli.

Nah, buat kamu yang kurang yakin dengan iPhone yang kamu beli, kamu bisa cek terlebih dahulu keaslian iPhone kok. Caranya adalah dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Ilustrasi kamera iPhone. (pexels/Marlene Leppanen)

1. Cek Fisiknya

Sepandai-pandainya peniru, pasti mereka tidak bisa meniru barang asli sama persis 100%. Jadi sebelum membeli ponsel baru, ada baiknya kamu cek terlebih dahulu fisiknya.

iPhone asli tidak pernah dijual dengan box dan plastik abal-abal. Kalau kamu membeli baru, tentu saja penampilan iPhonenya akan sangat mewah.

iPhone asli juga memiliki bobot yang berat karena terbuat dari bahan solid. Jika kamu ketuk casing belakangnya, bunyinya akan merdu karena bahannya yang solid dan berkualitas.

2. Cek Nomor Serinya

Setiap iPhone memiliki nomor seri yang mengidentifikasinya. Dengan melihat nomor seri, kamu dapat memverifikasi apakah itu ada di database Apple atau tidak. 

Temukan nomor seri di iPhone dengan mengetuk "Pengaturan," pilih "Umum" dan pilih "Tentang." 

Gulir ke bawah ke "Nomor Seri" dan biarkan layar tetap terbuka atau tulis nomornya. Kunjungi " https://selfsolve.apple.com/ agreementWarrantyDynamic.do " dan masukkan serial number. 

Sistem memberi tahu kamu apakah iPhone kamu masih dalam masa garansi atau tidak. Jika kamu menerima pesan "maaf, tetapi nomor seri ini tidak valid. Harap periksa informasi Anda dan coba lagi," kemungkinan iPhone tersebut palsu.

3. OS iPhone itu iOS bukan Android

iPhone hadir dengan aplikasi asli atau bawaan bermerek Apple. Kecuali iPhone di-jailbreak, aplikasi ini tidak dapat dihapus. Beberapa contoh aplikasi bawaan termasuk "Kontak", "Kompas", "Pengaturan", "Kalkulator", "Musik", dan "Foto"

Jika salah satu aplikasi ini hilang, ponsel tersebut di-jailbreak atau palsu. Meski demikian kamu dapat memulihkan firmware asli dengan memasuki mode DFU dan menginstal ulang sistem operasi. Jika aplikasi asli masih hilang, kemungkinan besar iPhone Anda palsu.

4. iTunes hanya mendeteksi iPhone Asli

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa keaslian iPhone adalah sambungkan ke iTunes di laptop kamu.

Jika iTunes bisa mendeteksi ponsel yang kamu hubungkan, maka dapat dipastikan bahwa ponsel itu adalah iPhone asli.

Sebaliknya, apabila iTunes tidak bisa membaca iPhone yang kamu hubungkan dengan komputer, maka kamu perlu curiga bahwa itu iPhone palsu.

5. Screenshoot

Perusahaan Apple membekali produknya dengan fitur yang tak main-main, salah satunya adalah fitur screenshot ini.

Jika diaktifkan, maka kamu bisa melakukan screenshoot layar hanya dengan mengetuk logo iPhone di belakang perangkat sebanyak dua kali.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa keaslian iPhone kamu. 

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Harga iPhone 11 Pro Max Sekarang, Masih Layak Beli?