Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 09 September 2018 | 15:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pendiri sekaligus CEO Alibaba Corporation, Jack Ma menyatakan pengunduran dirinya dari perusahaan e-commerce terbesar di Cina, Alibaba.

Salah satu orang yang menjadi perbincangan hangat beberapa waktu lalu saat hadir di penutupan Asian Games 2018 ini memilih untuk pensiun dari Alibaba karena ingin fokus pada filanropi dan pendidikan.

Bernama asli Ma Yun, pria kelahiran Hangzhou, Zhejiang, Tiongkok, 10 September 1964 ini mulai membaca peluang bisnis e-commerce ini dimulai saat ia menjadi sekretaris general manager gerai penjual ayam goreng Kentucky Fried Chicken.

Mulai dari hal itulah, Jack memiliki ide untuk menjual barang-barang Cina ke luar negeri dan mulai mendirikan Alibaba, situs e-commerce pada tahun 1999.

Alibaba Group. (thestar.com)

Alibaba berkembang jadi salah satu raksasa e-commerece dunia. Lalu pada 2014, Alibaba Group melakukan initial public offering (IPO).

IPO Alibaba Group disebut-sebut sebagai IPO e-commerece tersukses yang pernah ada. Dilansir dari ChinaNationalNews, IPO ini berhasil menghimpun dana hingga Rp 289,9 triliun.

Seperti yang dilansir dari wawancara dengan Times, Jack Ma mengatakan bahwa kemundurannya dari pimpinan Alibaba tidak akan menjadi akhir dari sebuah era tetapi sebaliknya akan menjadi awal dari sebuah era yang baru.

Kecintaanya dengan dunia pendidikan merupakan salah satu alasan dirinya mengundurkan diri pada Senin (10/9) mendatang pada usia tepat 54 tahun.

Jack Ma sendiri memiliki kekayaan pribadi sebersih $ 40 miliar atau setara dengan Rp 575 triliun dan sekaligus merupakan orang ketiga terkaya di Cina, menurut daftar orang kaya versi Forbes Cina di tahun 2017.

Pada wawancara dirinya di dengan Bloomberg TV, Jack Ma akan mengikuti jejak Bill Gates mendirikan yayasan pribadi.

Meski Jack Ma mengundurkan diri dari Alibaba, dirinya mengungkapkan akan tetap berada di dewan direksi Alibaba dan akan terus membimbing manajemen perusahaan.

BACA SELANJUTNYA

Peringatan Bill Gates: NFT Berdiri di atas The Greater Fool Theory