Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Rabu, 17 Oktober 2018 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Belum lama ini, sebuah video saat seorang ibu yang sudah dua minggu terkubur lumpur di Petobo, Palu menjadi viral di Instagram. Dalam video tersebut, saat seluruh tubuhnya dipenuhi lumpur pekat, ia masih sempat menanyakan keberadaan anaknya

Bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala ternyata juga mendatangkan fenomena likuifaksi yang terjadi di Petobo, Palu.

Likuifaksi merupakan fenomena saat tanah berubah menjadi lumpur dan kehilangan kekuatan. Proses yang membuat kekuatan tanah menurun ini diakibatkan oleh getaran gempa dan guncangan yang terjadi.

Video yang viral ini diunggah oleh akun @newstijen pada Selasa (16/10/2018) lalu. Dalam caption-nya, terungkap bahwa si ibu ini sudah dua minggu berada dalam lumpur Petobo,Palu. Saat berhasil diselamatkan dengan kondisi patah tulang kaki, ia langsung bertanya mengenai anaknya pada relawan yang bertugas.

Korban lumpur Petobo, Palu. (instagram/newstijen)

''Bikin nangis. hampir 2 minggu di dalam lumpur Petobo Palu, seorang ibu berhasil di selamatkan, terkubur dengan lumpur dan tulang kaki patah, kata-kata pertama yang ia ucapkan kepada relawan, mana anakku.mana anakku.'' tulis caption dalam unggahan tersebut.

Menurut keterangan foto, sebelum viral di Instagram, video ini pertama kali diunggah oleh relawan Kota Palu yang berada di grup Facebook.

Dalam video, si ibu yang berlumuran lumpur di sekujur tubuhnya dan pergelangan kaki yang berdarah karena patah terlihat terbaring lemas sambil sesekali merintih kesakitan.

''Sabar sabar..'' ucap salah satu relawan sambil merekam video tersebut.

Korban lumpur Petobo, Palu. (instagram/newstijen)

Dalam video lainnya, sambil menangis si ibu bertanya keberadaan anaknya. Ia bahkan tidak menghiraukan patah tulang kaki yang ia rasakan.

''Mana anakku, mana anakku..'' ungkapnya seraya menangis sedih.

Seorang relawan yang sepertinya sedang menemani dirinya sambil menunggu tim medis datang terlihat mencoba menenangkannya beberapa kali.

Sesaat setelah diunggah di Instagram @newstijen, unggahan ini langsung dibanjiri komentar para netizen yang ikut sedih dengan perjuangan ibu ini yang sudah terkubur selama dua minggu.

Korban lumpur Petobo, Palu. (instagram/newstijen)

''Ya Allah 2minggu masi hidup, mukjizat banget'' tulis akun @citranovaliaw.

''Begitu besar kasih sayang seorang ibu kepada anak, mamakeee'' komentar pemilik akun dengan nama @ahhmdrifai.

''yaallah mesakke nde. dalam keadaan ko ngono isih mikirke anake'' tulis @ranyikaandr.

Sejak diunggah, video yang viral di Instagram mengenai ibu yang selama dua minggu terkubur lumpur Petobo, Palu ini sudah mendapat 2.877 likes dan 106 komentar.

BACA SELANJUTNYA

Curhatan Ibu Virgoun: Saya yang Membesarkan Namanya, Situ Masuk Tinggal Enak