Kamis, 25 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Sabtu, 26 Januari 2019 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pada Kamis (24/1/2019), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkomifo) merilis episode pertama LambeHoaks, sebuah tayangan yang dirancang untuk mengungkap kabar-kabar hoaks yang sedang  banyak diperbincangkan.

Tayangan LambeHoaks yang dibawakan sosok ikonik Miss Lambe Hoaks ini membahas seputar isu hoaks yang ramai di dunia maya dan media sosial.

Dilansir dari laman resmi Kemkominfo, Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu  memaparkan bahwa "LambeHoaks akan ditayangkan rutin setiap minggu melalui saluran media utama GPR TV dan akun resmi media sosial Kemkominfo yaitu Youtube KemkominfoTV, Instagram @kemenkominfo, Twitter@kemkominfo, dan Laman Facebook Kementerian Komunikasi dan Informatika,"

Nantinya dalam setiap episode, Miss Lambe Hoaks akan memaparkan dan membongkar 10 isu hoaks teratas hasil temuan Tim Aduan Konten Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo.

"Dalam episode pertama, tayangan menampilkan isu gelombang tsunami, ijazah palsu Presiden Jokowi, hingga isu bahayanya makan bakso sambil minum es karena bisa memicu kanker," ungkap Ferdinandus.

Program LambeHoaks ini merupakan kolaborasi Biro Humas dengan Tim Aduan Konten Aptika dan GPR TV Ditjen IKP Kementerian Kominfo.

Tayangan ini dikemas dengan konsep yang segar dan menarik, dengan adanya LambeHoaks diharapkan dapat menjadi salah satu sumber informasi utama bagi masyarakat dalam mengenali dan mengkonfirmasi isu hoaks yang ramai beredar di dunia maya dan media sosial.

"Sebagai salah satu program literasi digital Lambe Hoaks diharapkan memberikan pemahaman kepada Netizen untuk bersama-sama memerangi hoaks, kabar bohong, dan informasi yang menyesatkan," tambah Ferdinandus.

Suara.com/Liberty Jemadu

BACA SELANJUTNYA

Selama Januari-April 2023, Kominfo Deteksi 441 Hoaks