Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 18 Juli 2020 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sejumlah data pribadi pengguna Tokopedia sempat bocor di internet. Startup ini pun jadi sorotan terkait kebocoran data pengguna.

Kabar terbarunya, tiga karyawan Tokopedia telah dipereiksa oleh polisi terkait dengan kasus kebocoran data pengguna ini.

Vice President of Corporate Communications, Tokopedia Nuraini Razak menegaskan bahwa tiga karyawannya yang diperiksa oleh penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri berstatus sebagai saksi dan pelapor terkait kasus kebocoran data pribadi milik pelanggan.

"Sekaligus sebagai upaya dan inisiatif kami untuk bekerja sama dengan pihak berwenang terkait dalam proses investigasi atas insiden pencurian data yang menimpa Tokopedia belum lama ini," kata Nuraini lewat keterangan tertulis Kamis (16/7/2020).

Nuraini mengemukakan saat ini pihaknya belum bisa berbicara banyak terkait kasus tersebut. Dia mengatakan jika pihaknya menghormati proses hukum yang tengah berjalan.

Warga menggunakan aplikasi Tokopedia, Jakarta, Senin (4/5). [Suara.com/Alfian Winanto]

"Tokopedia menghormati proses tersebut," katanya.

Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri sebelumnya telah memeriksa tiga orang saksi terkait kasus kebocoran data pribadi milik penggunaan platform jual-beli Tokopedia. Beberapa saksi yang diperiksa di antaranya staf keamanan Informasi dan Teknologi atau IT.

"Sedang melakukan klarifikasi terhadap rekan-rekan dari internal Tokoped. Sudah ada tiga orang yang diklarifikasi antara lain IT security," kata Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol Awi Setiyono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa kemarin.

Pada Mei 2020 lalu, 91 juta data pengguna Tokopedia dikabarkan diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab. Data tersebut diretas untuk kemudian diperjualbelikan di media sosial.

Ilustrasi Tokopedia. (HiTekno.com/Amelia Prisilia)

Atas hal itu, pihak manajemen Tokopedia pun telah melaporkan kasus tersebut kepada aparat kepolisian. Mereka mengklaim bahwa informasi penting milik pengguna tetap terlindungi.

Itulah kabar terbaru dari kasus kebocoran data pengguna Tokopedia yang kini ditangai aparat kepolisian. (Suara.com/ Muhammad Yasir).

BACA SELANJUTNYA

Tren Belanja Online Kuartal I 2023 di Tokopedia, Apa yang Laris Manis?