Sabtu, 20 April 2024
Amelia Prisilia : Selasa, 02 Mei 2023 | 19:54 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Capres PDIP untuk Pemilu 2024, Ganjar Pranowo dikabarkan berjumpa dengan Maria Ozawa yang kemudian membuat heboh dengan keduanya melakukan perbuatan di luar norma sosial.

Sebuah adegan dewasa viral ditunjukan dalam sebuah postingan di media sosial dimana Ganjar Pranowo peluk dan cium Maria Ozawa. Di informasikan jika Ganjar Pranowo tampak terlihat sedang mencium dan memeluk Maria Ozawa.

Ada akun media sosial Facebook bernama Guntur yang mengunggah foto bakal calon presiden PDI Perjuangan Ganjar Pranowo sedang berpelukan sambil ciuman dengan mantan bintang film dewasa asal Jepang Maria Ozawa. 

Unggahan tersebut dia buat di grup publik INDONESIA BERSUARA, sambil menyertakan caption “Yg model begini mau di jadikan Presiden makin hancur indonesia”. 

Unggahan Ganjar Pranowo dan Maria Ozawa menjadi perbincangan netizen dimana sejak diunggah pada Senin 1 Mei 2023, telah mendapat 42 ribu komentar, disukai sebanyak 17 ribu dan dibagikan 304 kali. Meski ramai dibicarakan, namun tidak ada penjelasan lain maupun jawaban dari yang bersangkutan di kolom komentar. 

Berdasarkan penelusurn, jika ditengok berandanya, semua unggahan yang bersangkutan bernada narasi yang menyerang Ganjar Pranowo. Selain itu, ada beberapa postingan bahkan cenderung senonoh. Beragam komentar dilayangkan netizen untuk menanggapi postingan tersebut. 

Ada yang menyebut foto itu cuma editan dan bertujuan memfitnah Ganjar, ada yang menghubungkan bahwa pengunggah memiliki afiliasi sebagai pendukung salah satu bakal calon presiden, ada yang mendukung pihak berwajib segera melakukan turun tangan. Ada juga yang memberi dukungan moril kepada Ganjar.

Sementara komentar lebih bijak disampaikan oleh akun @ServinaSagala, “Bersaing/bertarunglah secara sehat saudaraku,apa ngga takut sama Tuhan. Editanmu juga kelihatan banget, kau ambil dari manalah itu kepala pak Ganjar. Ingat saudaraku hukum karma masih ada.” 

Dari sekian banyak komentar, sebagaimana dilontarkan oleh akun @ServinaSagala, sebagian besar netizen menganggap bahwa foto itu merupakan editan. Di sisi lain, sampai sekarang belum ada tanggapan apapun dari Ganjar sebagai pihak yang diserang. 

Jika dilihat dari postingan akun media sosial personalnya, Ganjar Pranowo memilih seprti kebiasaannya mengunggah hasil kerjanya mulai dari pembangunan pemukiman sampai yang terbaru tentang kinerjanya di bidang pendidikan. 

Bahkan pada Selasa (2/5) pagi Ganjar sedang melakukan siaran livestreaming pelaksanaan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di halaman kantornya di Jalan Pahlawan, Kota Semarang. 

Namun beberapa waktu usai lari pagi di Gelora Bung Karno Jakarta, Ganjar Pranowo menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk menjaga kondusivitas pemilu 2024.  Menurut Ganjar, semua calon yang akan bertarung pastinya punya gagasan dan ide masing-masing.

"Ingat, di antara kita semua adalah teman. Tidak perlu disama-samakan, tapi dipersatukan. Jadi saya titip betul mulai hari ini, mari kita jaga perilaku kita baik-baik. Jangan sakiti orang lain, jangan bully orang lain. Kita salurkan energi yang positif. Setuju!" kata Ganjar.

Kesimpulan:

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa informasi Ganjar Pranowo cium dan peluk Maria Ozawa merupakan berita palsu atau hoaks.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.***

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Nokia X600 Pakai Snapdragon 8 Gen 2 Baterai 8500 mAh dan Kamera 200MP?