Selasa, 31 Maret 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 19 Maret 2020 | 20:00 WIB

Hitekno.com - Virus corona baru atau COVID-19 masih jadi sorotan publik karena masih membahayakan. Beberapa pihak mencari siapa pasien pertama virus corona ini.

China belum lama ini mengklaim siapa pasien pertama virus corona COVID-19. Yakni seorang pria berusia 55 tahun dari Hubei, China.

Selain itu, ada pula kabar penelitian vaksin corona COVID-19 yang mulai memasuki tahan baru. Yakni pengujian klinis vaksin virus corona.

Terkait pencegahan, beberapa pihak melakukan Social Distancing atau karantina diri guna menghentikan penyebaran virus corona ini.

Kabar mengenai vaksi virus corona dan gerakan Social Distancing ini termasuk dalam berita terkini yang sedang ramai.

Lebih lengkapnya, berikut ini empat berita terkini pilihan HiTekno.com untuk hari ini, Kamis (19/3/2020) terkait virus corona.

1. Pasien Pertama Virus Corona Covid-19 Akhirnya Ditemukan, Pria 55 Tahun

Ilustrasi virus Corona (Coronavirus) Covid-19. (Shutterstock)

Setelah investigasi, akhirnya China mengaku telah menemukan siapa pasien pertama virus corona COVID-19 tersebut.

Ia diketahui mengalami perawatan di rumah sakit sejak 17 November 2019, satu bulan lebih awal dari data kasus virus Corona Covid-19 yang dimiliki pemerintah China.

Berbekal temuan ini, ilmuwan sedang membuat peta transmisi penularan Corona Covid-19 yang mulai mewabah sejak bulan Januari. Meski begitu, dokter-dokter sejatinya sudah mengetahui ada ancaman ini sejak bulan Desember.

Baca selengkapnya...

2. Setelah AS, China Segera Uji Klinis Vaksin Virus Corona

Ilustrasi virus corona. (Pixabay)

AS sendiri telah memulai uji klinis vaksin virus corona baru pada Senin (16/3/2020) kemarin.

Para peneliti di China’s Academy of Military Medical Sciences akan memulai tes keamanan terhadap manusia mulai minggu ini.

Lembaga tersebut, yang berafiliasi dengan Chinese People’s Liberation Army (PLA), telah menerima persetujuan untuk melakukan uji klinis tahap awal.

Baca selengkapnya...

3. Social Distancing, Layanan Belajar dan Game Online Alami Lonjakan Trafik

Ilustrasi tower jaringan seluler. (Pixabay)

Usai kebijakan Presiden Joko Widodo untuk membatasi aktivitas di luar rumah seperti belajar dan bekerja dari rumah.

Terkait hal itu, kini banyak sekolah dan perusahaan menerapkan himbauan tersebut dan menerapkan belajar online serta bekerja via online untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19.

Hal ini membuat para siswa dan pekerja akan semakin aktif menggunakan akses internet selama masa karantina tersebut.

Sejumlah operator telekomunikasi mengaku sudah siap dengan lonjakan trafik yang terjadi jika kebijakan ini terus diterapkan di seluruh Indonesia selama wabah virus corona ini berlanjut.

Baca selengkapnya...

4. Benarkah Virus Corona Buatan Manusia di Lab? Ini Hasil Penelitiannya

Ilustrasi Virus Corona COVID-19. (Centers for Disease Control and Prevention)

Teori konspirasi yang beredar, mengklaim kalau virus corona tidak berasa dari alam. Melainkan hasil rekayasa manusia di sebuah laboratorium.

Namun sebelum teori virus corona buatan manusia ini dianggap benar oleh masyarakat, para peneliti langsung membantahnya.

Sekelompok peneliti dari Scripps Research, Amerika Serikat telah menganalisa data genom dari virus corona yang sudah tersedia untuk publik dan mereka tidak menemukan bukti bahwa ia dibuat di laboratorium oleh pihak tertentu.

Baca selengkapnya...

Itulah empat berita terkini dari vaksin virus corona, pasien pertama virus corona, hingga gerakan Social Distancing.

Catatan Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.