Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 22 Desember 2020 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dua planet besar, Saturnus dan Jupiter akan semakin berdekatan dan akan berpapasan tak akan lama lagi. Pertemuan keduanya sebagai Great Conjunction atau Papasan Agung.

Menariknya, Great Conjunction dua planet ini bisa terlihat sebagai satu bintang saja jika diteropong dengan mata telanjang.

Menurut CNet, papasan Saturnus dan Jupiter ini terakhir kali terjadi pada 1226. Nyaris menyatunya Jupiter dan Saturnus di langit Bumi sebenarnya terjadi setiap 19,6 tahun.

Tetapi terakhir kali kedua planet ini berpapasan pada malam hari dan manusia di Bumi bisa melihatnya adalah sekitar 800 tahun silam.

"Hari Senin 21 Desember 2020 nanti, dua planet raksasa Jupiter dan Saturnus akan terkunci dalam pelukan. Keduanya akan tampak bersatu dan terlihat sebagai sebuah bola putih cemerlang di langit. Tontonan romantis ini dalam dunia astronomi disebut dengan Great Conjunction," tulis Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) di Instagram belum lama ini.

Penampakan cincin Saturnus. (NASA)

Di Barat, papasan agung antara Jupiter dan Saturnus ini juga disebut sebagai Christmas Star karena terjadi jelang Natal. Tetapi penamaan ini, jelas para astronom, sama sekali tak berhubungan dengan peristiwa Natal dalam tradisi Kristen.

Meski dari Bumi terlihat begitu dekat, hanya terpisah 0,1 derajat - jarak sebenarnya antara Jupiter dan Saturnus ketika peristiwa langka ini terjadi adalah sekitar 450 juta mil.

Jadi jangan sampai lewatkan papasan agung antara Jupiter dan Saturnus malam ini. Tetapi ingat, kejadian langka ini hanya bisa disaksikan jika kondisi langit sedang cerah.

Cara melihat papasan agung ini mudah saja: berpalinglah ke arah barat daya, di ketinggian sekitar 25 derajat setelah Matahari terbenam. Saturnus dan Jupiter akan terlihat segaris secara vertikal dan cukup cemerlang untuk diamati dengan mata telanjang.

Menurut para ilmuwan di blog astronomi Langit Selatan, Jupiter dan Saturnus akan terbenam setelah pukul 20.07 WIB.

Itulah peristiwa Great Conjunction, pertemuan planet Saturnus dan Jupiter yang langka terjadi. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Kolaborasi Planet Ban dan Gojek, Hadirkan Program Khusus Mitra Driver