Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 28 Mei 2020 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Para peneliti percaya kalau Asteroid jadi pembunuh Dinosaurus jutaan tahun lalu. Namun masih banyak misteri dari asteroid pembunuh dinosaurus ini.

Penelitian terbaru juga menungkap kalau asteroid pembunuh dinosaurus tersebut juga bisa menciptakan tsunami besar saat itu.

Selain itu, para peneliti juga sedang disibukkan pada kemunculan objek misterius yang berada dekat dengan orbit Jupiter.

Para astronom belum lama ini mendapati keberadaan objek misterius tersebut dan berniat menelitinya labih jauh lagi.

Kabar mengenai asteroid pembunuh dinosaurus dan objek misterius dekat Jupiter ini termasuk dalam empat berita terkini yang sedang ramai.

Lebih lengkapnya, berikut empat berita terkini yang sedang ramai pilihan HiTekno.com untuk hari, Kamis (28/5/2020).

1. Terungkap, Asteroid Pembunuh Dinosaurus Picu Tsunami Besar

Ilustrasi dinosaurus pemakan tumbuhan. (Pixabay/Dariusz Sankowski)

65 juta tahun yang lalu, asteroid besar menjadi oknum yang bertanggung jawab atas kepunahan dinosaurus dari muka Bumi. Dalam penelitian terbaru, ilmuwan mengungkap bahwa asteroid pembunuh dinosaurus ini memicu tsunami besar pada saat itu.

Pada saat terjadi, asteroid pembunuh dinosaurus ini menyebabkan terjadinya tsunami dengan tinggi mencapai satu mil dan menyebabkan tsunami besar di hampir seluruh dunia.

Baca selengkapnya...

2. Terasa Lebih Panas, Fenomena Ini yang Tengah Terjadi Menurut BMKG

Ilustrasi cuaca panas. (pixabay/stux)

Jika kamu merasa akhir-akhir ini merasa suhu menjadi panas dan badan terasa gerah, jangan khawatir pasalnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) setidaknya 5 hari terakhir suhu di Tanah Air berada di kisaran 34 - 36 derajat Celcius.

BMKG, dalam keterangannya Rabu (27/5/2020), menjelaskan bahwa cuaca yang lebih panas itu disebabkan karena Indonesia kini sedang memasuki musim kemarau.

Baca selengkapnya...

3. Sangat Aktif, Objek Misterius Ditemukan Astronom di Sekitar Orbit Jupiter

Objek misterius 2019 LD2 yang bangkit kembali dan menjadi aktif. (Press Release IFA, University of Hawaii)

Untuk pertama kalinya, ilmuwan belum bisa mengklasifikasikan objek misterius "aktif" yang diketahui berada di dalam orbit Jupiter.

Hal tersebut menjadikan objek ini merupakan benda angkasa pertama dari jenisnya yang pernah terdeteksi.

Objek misterius tersebut bukanlah asteroid atau pun komet, namun peneliti menduga bahwa bisa jadi itu adalah sesuatu di antaranya.

Baca selengkapnya...

4. Penemuan Baru dan Langka, Galaksi Cincin Api Bikin Ilmuwan Takjub

Ilustrasi galaksi. (pexels/pixabay)

Berbeda dari galaksi lain yang pernah ditemukan sebelumnya, baru-baru ini ilmuwan dibuat takjub dengan galaksi cincin api yang super langka di alam semesta.

Mirip cincin api, galaksi ini lalu dikelompokan ke dalam galaksi langka yang terbentuk bukan karena proses intenal tetapi karena tabrakan inti saat galaksi lain melintas.

Baca selengkapnya...

Itulah empat berita terkini yang sedang ramai, dari asteroid pembunuh dinosaurus hingga objek misterius di orbit Jupiter.

BACA SELANJUTNYA

Link Live Streaming Gerhana Matahari Hibrida, Pengamatan Langsung dari Indonesia