Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 21 Oktober 2021 | 17:31 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sedang ramai kasus dugaan kebocoran data KPAI yang telah beredar ke internet malalui RaidForums. Terkait hal ini, Kominfo masih mendalaminya.

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Dedy Permadi dimuat Suara.com, menyampaikan kalau pihaknya sedang mendalami insiden dugaan kebocoran data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

"Sedang kami dalami," ujar Dedy singkat saat dihubungi Suara.com, Kamis (21/10/2021).

Sebelumnya dilaporkan database milik KPAI diduga bocor di internet. Data ini muncul di RaidForums dengan judul Leaked Database KPAI (kpai.go.id) yang diunggah 13 Oktober 2021.

Diduga data yang diretas ini berasal dari identitas pribadi dari orang-orang yang pernah melakukan pengaduan ke KPAI. Data ini sendiri diunggah oleh akun dengan username C77.

Ilustrasi keamanan internet. (F5 Networks)

Adapun data yang disediakan akun C77 yang diklaim dari kebocoran data KPAI ini terdiri dari dua file, yaitu kpai_pengaduan_csv dan kpai_pengaduan_csv.

Berdasarkan pantauan suara.com di situs RaidForums, dugaan kebocoran ini menunjukkan data seperti id, nama, nomor identitas, kewarganegaraan, telepon, hp, agama, pekerjaan, pendidikan, alamat, email, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, provinsi, kota, hingga usia.

C77 sendiri mengatakan bahwa keamanan website pemerintah, terutama yang menggunakan domain go.id, sangat lemah. Ia mengaku menyimpan lebih banyak lagi data milik pemerintah.

Saat ini Suara.com tengah meminta tanggapan dari Ketua KPAI, Susanto. Namun ia belum memberikan tanggapan hingga berita ditayangkan.

Itulah tanggapan Kominfo soal dugaan kebocoran data KPAI yang beredar di RaidForums. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Mahfud MD: Anggaran Pembangunan BTS Kominfo Rp 3-4 T Cukup, Bukan Rp 10 T