Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 18 Juni 2021 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Penambang di Botswana, Afrika Selatan, menemukan berlian dengan ukuran besar. Berlian raksasa ini diklaim sebagai terbesar ketiga di Bumi yang pernah ditemukan.

Berlian raksasa 1.098 karat tersebut ditemukan pada 1 Juni 2021 di Jwaneng, Botswana selatan. Penemuan ini dianggap sebagai hasil tambang paling berharga di dunia.

Seorang juru bicara perusahaan pertambangan Debswana mengatakan, batu permata besar itu adalah berlian terbesar yang pernah ditemukan dalam sejarah perusahaan selama lima dekade.

Menurut The Guardian, Botswana adalah produsen berlian terkemuka di Afrika sekaligus merupakan rumah bagi tambang di mana berlian terbesar kedua, yang disebut Lesedi La Rona (1.109 karat), di dunia ditemukan pada 2015.

Berlian terbesar di dunia yang disebut Cullinan lebih besar dari gabungan dua berlian kedua dan ketiga.

Dilansir dari Live Science, Kamis (17/6/2021), batu itu berukuran 3.106 karat ketika ditemukan di Afrika Selatan pada 1905.

Pada 1908, permata itu dipotong menjadi sekitar 100 bagian, dengan bongkahan 530 karat terbesar dikirim ke London untuk menghiasi puncak Royal Scepter Inggris.

Batu mulia yang baru ditemukan ini akan dinilai dalam beberapa minggu mendatang.

Perusahaan perdagangan berlian milik negara Botswana, dapat memutuskan apakah akan membelinya dari Debswana atau membiarkan perusahaan menjualnya.

Berlian raksasa temuan penambang di Botswana ini masih belum diketahui berapa nilainya. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Terlalu Dermawan, Raffi Ahmad Ngaku Pernah Kasih Cincin Berlian Nagita Slavina untuk Dede Sunandar