Sabtu, 27 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 11 Juli 2019 | 21:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah situs lelang RR Auction yang berbasis di Boston baru-baru ini tengah ramai, pasalnya situs tersebut sedang melelang benda langka yaitu buku manual panduan Apple-1 yang dibuat pada tahun 1976.

Buku panduan berharga tersebut menampilkan logo asli Apple pada sampul depan yang menggambarkan ilmuwan Isaac Newton duduk di bawah pohon dengan apel yang bersinar menggantung di atas kepala.

Dilansir dari laman MacRumors, buku manual ini menjelaskan cara mengatur dan menggunakan Apple-1 dan monitornya serta menyertakan skema lipa sistem.

''Sangat sedikit dari manual operasi Apple-1 asli, mungkin 65 atau lebih yang diketahui saat ini'' terang Bobby Livingston, Executive VP di RR Auction.

Ia juga menambahkan bahwa, buku panduan manual ini sangat berharga dan bisa menjadi salah satu benda koleksi dari perusahaan yang paling sukses di dunia.

Buku panduan Apple 1 dilelang. (RR Auction)

Buku manual ini dijual dalam kondisi yang sangat baik dengan pengencangan berbentuk kotak yang tidak beraturan, sedikit sobekan pendek di tepi atas penutup depan dan noda melingkar di dalam penutup depan.

Menariknya lagi, buku panduan dengan 12 halaman ini disertakan juga paket unik yang ditawarkan RR Auction, yaitu sepasang foto kuno duo penemu Apple yakni Steve Jobs dan Steve Wozniak.

Foto tersebut juga disertai tanda tangan keduanya, sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

Kabar terakhir, Selasa (9/7/2019) penawaran tertinggi untuk buku panduan mencapai angka 9.422 dolar AS atau setara dengan Rp. 133 juta.

Entah sudah terjual atau tidak dalam pantauan tim di situs RR Auction, buku panduan Apple-1 ini sudah menyentuh angka 11.402 dolar AS atau sekitar Rp 160 juta.

BACA SELANJUTNYA

Disket Mac Tahun 1988 dengan Tanda Tangan Steve Jobs Dilelang Rp 1 Miliar