Sabtu, 27 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 05 Mei 2023 | 20:41 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Membeli HP bekas bisa jadi pilihan yang cerdas untuk menghemat uang dan mendapatkan spesifikasi yang bagus.

Tapi, kamu harus berhati-hati karena ada banyak penjual nakal yang ingin menipu pembeli dengan barang-barang cacat atau palsu.

Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu periksa saat kamu beli HP bekas:

1. Fisik HP

Edit video vlog lewat smartphone. (Oppo Indonesia)

Pastikan tidak ada lecet, retak, atau penyok pada bodi dan layar HP. Cek juga tombol-tombol, port charger, jack audio, dan speaker apakah berfungsi dengan baik.

Jika ada kerusakan fisik, minta diskon atau cari yang lain.

2. Baterai HP

Ilustrasi baterai lithium ion. (Ingeniovirtual)

Baterai adalah salah satu komponen yang paling cepat rusak pada HP. Untuk mengetahui kondisi baterai, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti AccuBattery atau Battery Health.

Lihat apakah kapasitas baterai masih di atas 80% dari aslinya. Jika tidak, kamu mungkin perlu mengganti baterai atau membeli power bank.

3. Kamera HP

Memotret dengan kamera HP. (Pixabay)

Kamera adalah salah satu fitur yang paling penting bagi banyak orang. Untuk memeriksa kamera, kamu bisa mengambil foto atau video dengan berbagai mode dan kondisi cahaya.

Perhatikan apakah ada noda, goresan, atau debu pada lensa kamera. Cek juga apakah hasil foto atau video jernih, tajam, dan tidak buram.

4. Sistem operasi HP

Ilustrasi jual beli HP Android. (Hitekno/Bing Image Creator)

Sistem operasi adalah otak dari HP. Kamu harus memastikan bahwa sistem operasi masih asli dan tidak dimodifikasi oleh penjual. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan dan lihat versi sistem operasi dan nomor model HP.

Bandingkan dengan informasi resmi dari situs web produsen HP. Jika ada perbedaan, berarti HP sudah di-root atau di-flash dengan ROM yang tidak resmi. Hal ini bisa berbahaya karena bisa menyebabkan malware, virus, atau kehilangan data.

5. Garansi HP

Ilustrasi HP Android. (Pixabay)

Garansi adalah perlindungan ekstra yang bisa kamu dapatkan jika HP mengalami kerusakan atau kehilangan fungsi. Biasanya, garansi berlaku selama satu atau dua tahun sejak pembelian pertama.

Untuk mengecek garansi, kamu bisa memasukkan nomor IMEI HP ke situs web produsen atau aplikasi seperti Check IMEI. Lihat apakah garansi masih berlaku atau sudah habis. Jika masih berlaku, minta bukti pembelian pertama dari penjual agar kamu bisa mengklaim garansi jika perlu.

Itulah beberapa hal yang harus kamu periksa saat kamu beli HP bekas. Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja!

BACA SELANJUTNYA

FUJIFILM Resmi Meluncurkan INSTAX mini 99TM, Kamera Instan Analog Kelas Premium