Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 27 Agustus 2020 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Netizen di media sosial tengah ramai membahas kabar gugatan RCTI ke Mahkamah Konstitusi untuk meminta peninjauan kembali Undang-Undang Penyiaran.

Kabar ini mendapatkan berbagai macam reaksi netizen. Terutama terkait dengan kebebasan dalam menggunakan fitur live atau siaran langsung di internet.

Jika gugatan RCTI ini dikabulkan, memungkinkan untuk menyinggung pemanfaatan layanan siaran melalui internet yang sekarang tengah populer.

Dari selebtweet hingga pesohor dan pengamat media sosial memberikan tanggapannya terkait keramaian netizen membahas gugatan tersebut.

Keramaian netizen di media sosial membahas gugatan RCTI ini termasuk dalam berita terkini yang sedang heboh.

Lebih lengkapnya, berikut empat berita terkini pilihan HiTekno.com untuk hari ini, Kamis (27/8/2020).

1. Jika Gugatan RCTI Dikabulkan, Tak Lagi Bebas untuk Live di Media Sosial

Ilustrasi aplikasi live streaming. (Wordtracker)

RCTI telah mengajukan uji materi Undang-Undang Penyiaran dikabulkan oleh Mahkamah Konstitusi. Yang nantinya bisa berdampat pada pemanfaatan fitur live atau siaran langsung di platform media sosial.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyampaikan jika gugatan RCTI ini dikabulkan Mahkamah Konstitusi, maka masyarakat tidak lagi bebas dalam melakukan live di media sosial.

Baca selengkapnya...

2. Pengamat Media Sosial: Gugatan RCTI Bisa Hambat Kebebasan Berekspresi

Ilustrasi aplikasi-aplikasi media sosial (Shutterstock).

Seandainya gugatan dikabulkan, maka masyarakat tidak bisa bebas lagi membuat konten video di media sosial ataupun platform berbasis internet lainnya.

Menanggapi gugatan tersebut, pengamat media sosial Enda Nasution menilai bahwa penyiaran di televisi dan platform berbasis adalah dua hal yang berbeda.

Baca selengkapnya...

3. Netizen Ramai Bahas Gugatan RCTI Terkait Live di Media Sosial

Ilustrasi media sosial di ponsel. [Shutterstock]

Artikel Suara.com berjudul 'Jika Gugatan RCTI Dikabulkan, Publik Tak Bisa Tampil Live di Media Sosial' menjadi sorotan netizen hingga viral di media sosial.

Netizen mempersoalkan gugatan RCTI yang memungkinkan publik tak bisa lagi tampil live di media sosial menuai beragam reaksi dari para netizen di Twitter.

Baca selengkapnya...

4. Cewek Ini Temukan "Aplikasi Aneh" di HP Cowoknya, Netizen: Mundur Mbak

Cewek ini menemukan ''aplikasi aneh'' yang ternyata berisi banyak kontak cewek. (TikTok/ @nenggggggggggg26)

Dalam menjalin sebuah hubungan percintaan, kesetiaan merupakan sebuah syarat wajib untuk melanggengkannya. Seorang cewek yang curhat dan mengaku menemukan "aplikasi aneh" di HP cowoknya ini membuat netizen salfok.

Baca selengkapnya...

Itulah empat berita terkini yang sedang ramai, terutama soal pemabahasan netizen pada gugatan RCTI yang terkait pada live di media sosial.

BACA SELANJUTNYA

Apple Mulai Perbarui Aplikasi Health, Fitur Lebih Interaktif