Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 15 Februari 2020 | 10:13 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Essential Phone, merek smartphone yang didirikan pencipta Android, Andy Rubin telah resmi dimatikan. Tak akan ada lagi smartphone baru diluncurkan merek ini.

Pengumuman penutupan Essential Phone ini termuat dalam postingan blog resmi perusahaan yang terbit Rabu (12/2/2020).

Dalam pengumuman disebutkan kalau Essential Phone tidak punya rencana yang jelas untuk meluncurkan produk baru.

Pengumuman ini sedikit mengejutkan karena Andy Rubin pada Oktober lalu mengunggah beberapa foto smartphone yang disebutnya sebagai Proyek Gem.

Dengan pengumuman ini tampaknya smartphone baru Essential Phone tersebut tidak akan meluncur.

Essential Phone. (Essential)

Tetapi penjualan Essential Phone sendiri memang kurang menjanjikan. Di tahun perdananya, 2017, perusahaan itu hanya menjual sekitar 90.000 sampai 100.000 unit smartphone di AS.

Dengan ditutupnya Essential Phone, para pemilik PH-1 - smartphone pertama dan satu-satunya dari Essential - tidak akan menerima pembaruan software dan peranti lunak keamanan.

"Smartphone PH-1 kalian akan tetap bisa berfungsi tetapi kami tak lagi menyediakan pembaruan peranti lunak dan layanan lainnya," tulis Essential Phone dalam blognya.

Andy Rubin sendiri adalah salah satu bos Google yang terlibat dalam penciptaan sistem operasi Android. Ia mundur dari Google pada 2014 lalu dan mendirikan berbagai startup termasuk Essential. 

Itulah pengumuman resmi penutupan Essential Phone, merek smartphone yang dirintis Andy Rubin pencipta Android. (Suara.com/ Liberty Jemadu,).

BACA SELANJUTNYA

Keunggulan Redmi Buds Essential dan Redmi Smart Band 2 Bikin Penasaran, Segini Harganya