Sabtu, 27 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 11 September 2020 | 07:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apabila kamu beberapa kali menemukan perangkat laptop kamu lemot, beberapa hal bisa kamu atasi sendiri lho. 

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan laptop kamu lemot, entah masalah di RAM atau virus yang ada di laptop kamu.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara mengatasi laptop lemot yang efektif untuk dilakukan. Berikut ini cara mengatasi laptop lemot selengkapnya:

1. Menutup Tampilan yang Tidak Digunakan

Ilustrasi laptop. (Pixabay/karishea)

Performa laptop akan dipengaruhi oleh seberapa banyak aplikasi yang dijalankan. Oleh karena itu, menutup aplikasi beserta tampilan lain yang tidak digunakan lagi merupakan cara termudah mengatasi laptop lemot. Akan sangat baik apabila Anda hanya membuka satu tampilan dalam satu waktu.

2. Uninstall Aplikasi dan Fitur yang Tidak Perlu

Cara sederhana lainnya adalah dengan melakukan uninstall aplikasi dan fitur yang tidak perlu. Anda dapat memulai dengan melakukan uninstall aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan. Selain itu, uninstall pula salah satu add-on pada browser yang kira-kira memiliki fungsi serupa. Cara ini akan sangat membantu kerja browser Anda.

3. Mengganti Jenis Hard Disk

Mengganti jenis hard disk menjadi cara mengatasi laptop lemot selanjutnya. Anda dapat mengganti hard disk drive (HDD) laptop Anda ke versi yang lebih baru, yakni Solid State Drive (SSD). Performa laptop yang telah menggunakan SSD ini akan lebih cepat dibanding dengan laptop yang masih menggunakan HDD. Sebelum menggantinya, Anda perlu memeriksa apakah laptop Anda sudah mendukung penggunaan SSD ini.

4. Menambah Kapasitas RAM

Dengan menambah kapasitas RAM, dijamin performa laptop akan semakin optimal. Akan tetapi, sebelum memutuskan menambah kapasitasnya, Anda harus memastikan beberapa hal. Pertama, pastikan jenis prosesor seperti tipe memori dan ukuran maksimal memori. Kedua, perhatikan slot RAM di laptop Anda. Terakhir, perhatikan pula sistem operasi yang di laptop Anda.

5. Merawat Hardware Secara Rutin

Selain memperhatikan software laptop Anda, melakukan perawatan hardware juga merupakan salah satu cara mengatasi laptop lemot. Anda perlu melakukan pembersihan pada beberapa bagian hardware laptop, mulai dari kipas, motherboard, hingga bagian prosesor.

6. Menggunakan Antivirus

Cara mengatasi laptop lemot berikutnya adalah dengan mengunduh software antivirus. Cara ini dapat dilakukan apabila masih tersisa banyak ruang penyimpanan namun performa laptop terasa lemot. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh virus atau malware. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan salah satu software antivirus sesuai dengan kebutuhan.

7. Menggunakan Aksesori Pendukung

Cara terakhir adalah dengan menggunakan aksesori pendukung, seperti cooling pad dan vacuum cooler. Cara ini sudah terbukti ampuh untuk mengatasi laptop lemot yang disebabkan overheat. Dengan kipas tambahan yang ada pada cooling pad, suhu laptop Anda dijamin akan tetap terjaga.

Itulah tadi 7 cara mengatasi laptop lemot, kamu bisa mempraktekannya jika terjadi. Selamat mencoba. (Suara.com/Rifan Aditya)

BACA SELANJUTNYA

Huawei MateBook D 14, Laptop Premium Bobot Ringan dan Performa Kencang